Vaksinasi dosis pertama di Kota Batu Jawa Timur capai 90 persen

id Kota Batu,Vaksinasi,Capaian Vaksinasi,Vaksin Kota Batu,Vaksinasi Warga,Vaksin COVID-19,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Vaksinasi dosis pertama di Kota Batu Jawa Timur capai 90 persen

Foto arsip. Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 AstraZeneca kepada karyawan hotel di Rumah Sakit Mardiwaloeja, Malang, Jawa Timur, Kamis (20/5/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto.

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Batu menyatakan hingga saat ini capaian vaksinasi warga Kota Batu, Jawa Timur, mencapai 90,90 persen dari sasaran, yang bertujuan menciptakan kekebalan kelompok dari infeksi virus corona.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu Ony Ardianto di Kota Batu, Jawa Timur, Rabu, mengatakan untuk saat ini, sebanyak 149.992 warga Kota Batu, telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama.

"Hingga 27 Oktober 2021, untuk vaksinasi dosis pertama sebanyak 149.992 orang atau mencapai 90,90 persen," kata Ony.

Ony menjelaskan untuk vaksinasi dosis kedua, tercatat sebanyak 98.607 orang atau 59,79 persen dari sasaran vaksinasi telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Baca juga: Tim "DOKAR" UB kenalkan agroforestry kombinasi pada petani Kota Batu

Secara keseluruhan, jumlah warga di wilayah Kota Batu mencapai 222.578 orang.

Menurutnya, seiring dengan capaian vaksinasi tersebut, kasus konfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kota Batu juga dilaporkan melandai. Pada 27 Oktober 2021, tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif di wilayah tersebut.

"Untuk hari ini tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif," katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, Ia menjelaskan, untuk menangani pasien COVID-19 rumah sakit rujukan menyediakan 15 tempat tidur pada layanan Intensive Care Unit (ICU), dan 138 tempat tidur pada layanan ruang isolasi.

Baca juga: Mentan Syahrul dorong widyaiswara cetak SDM unggul pertanian

Selain itu, lanjutnya, juga tersedia 156 tempat tidur pada shelter-shelter yang disiapkan Pemerintah Kota Batu, untuk menampung pasien konfirmasi positif terinfeksi virus corona. Seluruh layanan untuk pasien COVID-19 tersebut, saat ini tidak terisi pasien sama sekali.

"Untuk Bed Occupancy Ratio (BOR) tempat tidur pada ICU, isolasi, dan shelter, tidak ada yang terpakai," katanya.

Di wilayah Kota Batu, dari total sebanyak 1.138 Rukun Tetanga (RT) yang tersebar di wilayah tersebut, sebanyak 1.133 RT berstatus zona hijau, dan hanya menyisakan lima RT yang berstatus zona kuning penyebaran COVID-19.

"Sementara untuk kasus aktif tercatat sebanyak lima pasien," ujarnya.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di wilayah tersebut, ada sebanyak 3.106 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.835 orang dilaporkan telah sembuh, 266 orang dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Pemkot Batu targetkan vaksinasi warga rampung akhir 2021


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar