Betul-betul bisa jadi bagian penting dalam meningkatkan produktivitas
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengingatkan bahwa menjadi pejabat fungsional adalah sebuah tantangan yang tidak ringan, ketika menjadi pejabat fungsional maka tuntutan profesionalitas menjadi suatu keharusan dan mampu melakukan inovasi dalam bekerja.

"Jadi anda harus membuktikan sebagaimana jabatan yang diemban saat ini, tantangan yang dihadapi luar biasa besar. Anda harus betul-betul bisa jadi bagian penting dalam meningkatkan produktivitas dan kompetensi," kata Sekjen Anwar Sanusi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Anwar Sanusi saat melantik dan mengambil sumpah 15 orang pejabat fungsional terdiri dari 13 orang instruktur, satu orang analis kebijakan ahli pertama, dan satu orang analis hukum di lingkungan Kemnaker mengatakan pelantikan pejabat fungsional kali ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Kemnaker seiring dengan perubahan paradigma dalam pola karir ASN yang saat ini lebih mengutamakan pejabat fungsional.

"Ini pelantikan kesekian kalinya, bahkan kalau bisa dilaksanakan tiap bulan sebagai upaya perubahan pola karir ASN yang mengutamakan pejabat fungsional," ucap dia.

Lebih lanjut, ia meminta pejabat fungsional yang dilantik untuk dapat segera menyesuaikan diri serta melaksanakan tugas pokok dan fungsi utama kegiatan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Baca juga: Menaker kemukakan strategi RI lindungi pekerja migran di forum ADD

Baca juga: Kemnaker sinergikan program kesempatan kerja di kawasan industri


"Pelajari butir-butir kegiatan dan tugas sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku, agar segera diaplikasikan dan dikerjakan walaupun dalam kondisi pandemi COVID-19 ataupun dengan kondisi bekerja dari rumah (WFH)," kata Anwar.

Ia meminta agar pejabat fungsional bisa melakukan inovasi-inovasi kerja yang dalam mempercepat dan memperbaiki kinerja selama ini.

"Hilangkan anggapan pejabat fungsional hanya bekerja untuk diri sendiri dan fokus mencari angka kredit. Pejabat fungsional saat ini dituntut harus tetap lincah dan juga memiliki kompetensi manajerial yang baik," kata dia.

Anwar juga mengatakan dalam arahannya Menaker Ida Fauziyah berharap para pejabat fungsional yang baru dilantik untuk dapat bekerja maksimal dan penuh semangat dalam menghasilkan ide-ide terbaik di unit kerjanya masing-masing.

Baca juga: Menaker terus berupaya turunkan kemiskinan ekstrem

Baca juga: Menaker: Perluasan kesempatan kerja dilakukan di seluruh Indonesia


Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021