beras untuk pemenuham karbohidratnya, yang kedua ada nilai gizinya
Jakarta (ANTARA) - Perum Bulog berkoordinasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menyiapkan pasokan bahan pangan bergizi untuk mengatasi masalah stunting atau balita kurang gizi kronis.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto mengatakan di Sukabumi, Jumat, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso telah bertemu dengan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo selaku penanggung jawab program penurunan angka stunting untuk memastikan ketersediaan pangan bergizi dalam rangka menekan jumlah balita kurang gizi kronis di Indonesia.

"Pak Dirut sudah ketemu dengan Kepala BKKBN. Jadi tentu saja kita selaku salah satu operator terkait pangan pemerintah, kita sudah menawarkan program itu," kata Suyamto menanggapi rencana program Bulog Peduli Gizi dalam skala yang lebih besar untuk penanganan stunting nasional.

Baca juga: Bulog sosialisasikan kementerian beras fortifikasi cegah stunting

Baca juga: Pakar pertanian Unsoed dukung beras fortifikasi yang disediakan Bulog


Selain dengan BKKBN, Bulog juga berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk menyiapkan pasokan pangan bergizi sebagai salah satu produk pada bantuan sosial yang biasa diberikan pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baik itu Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Selain itu kita terus komunikasi dengan Kementerian Sosial, bahwa bansos untuk daerah-daerah tertentu itu berasnya ada kandungan fortifikasinya, jadi bisa menggunakan beras Fortivit," kata Suyamto.

Bantuan sosial berupa beras dengan fortifikasi bisa diberikan pada KPM di daerah yang angka stuntingnya tinggi.

"Artinya bantuan secara natural itu jalan tapi berasnya juga mengandung gizi.
Artinya dua tujuan, di satu sisi masyarakat bisa mendapatkan beras untuk pemenuham karbohidratnya, yang kedua ada nilai gizinya," jelas Suyamto.

Beras fortifikasi adalah beras yang pada proses produksinya sudah ditambahkan berbagai nutrisi mikro untuk meningkatkan nilai gizi. Beras fortifikasi produksi Bulog yang bernama Fortivit memiliki kandungan vitamin A, B1, B3, B6, B12, asam folat, zat besi, dan zinc.

Baca juga: Bulog NTT siapkan 17 ton beras fortifikasi untuk atasi kekerdilan

Baca juga: Ridwan Kamil ingatkan beras fortifikasi bisa cegah stunting

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021