Muhaimin: Jabatan Wapres CDI untuk kontribusi di kancah internasional

id Muhaimin Iskandar, DPR, PKB, CDI

Muhaimin: Jabatan Wapres CDI untuk kontribusi di kancah internasional

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar. (ANTARA/HO-DPR)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan jabatan Wakil Presiden (Wapres) Centrist Democrat International (CDI) untuk berkontribusi di kancah internasional.

“Semoga jabatan yang saya emban saat ini, bisa membawa Indonesia lebih baik lagi dan diperhitungkan ditingkat internasional,” kata Muhaimin saat menggelar syukuran di kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu.

Muhaimin menilai jabatan yang disematkan padanya merupakan peluang dan tantangan bagi PKB dan Indonesia untuk berkontribusi lebih nyata di CDI, dalam konteks hubungan Asia, politik global, demokrasi dan social justice.

Dalam waktu dekat, kata Muhaimin, CDI akan bekerja sama dalam konteks penanganan pandemi COVID-19.

Baca juga: Muhaimin ditetapkan sebagai Wapres Centrist Democrat International

“Saya sampaikan Indonesia saat ini juga tengah berjuang me-recovery ekonomi yang sempat mengalami stagnasi akibat pandemi,” ujarnya.

DPP PKB menggelar syukuran makan nasi bungkus atas pengangkatan Muhaimin Iskandar sebagai wapres CDI. Muhaimin akan mendampingi Presiden CDI, Andres Pastrana Arango dari Kolumbia.

Alasan Cak Imin dipilih sebagai Wapres CDI karena dinilai mampu memperjuangkan nilai-nilai humanitarian Islam dalam politik di Indonesia dan membawanya dalam kancah politik dunia dalam konteks relasi antara agama dan negara.

"94 partai politik dari 73 negara ini belajar humanitarian Islam dari PKB. Ini sukses perlahan-lahan mengubah pandangan mereka yang phobia terhadap Islam di Eropa dan belahan dunia lain," kata Muhaimin.

Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan Masyarakat (Korkesra) itu ditetapkan menjadi Wakil Presiden bersama beberapa pimpinan partai politik dunia, antara lain perwakilan Belgia, Spanyol, Bosnia, Jerman, Kroasia, Kolumbia, Brasil, Maroko, Meksiko, Ekuador, Peru, Libanon, Kamboja dan Filipina.

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif CDI tetap dijabat oleh Antonio Lopez Isturiz White dari Spanyol. Sedangkan Koordinator CDI Kawasan Asia-Pasifik dijabat oleh Cesar Rosselo, Kawasan Afrika dijabat Alberto Ruiz Thiery dan Kawasan Amerika Latin dijabat oleh Monica Valencia Campo. Ketiganya berada di bawah kepemimpinan Direktur Regional CDI, Luis Blanco.

Seperti diketahui, Centrist Democrat International (CDI) adalah sebuah badan politik internasional yang berhaluan tengah se dunia. Anggotanya terdiri dari 94 partai politik dari 73 negara.

Baca juga: Muhaimin: Makna ikrar sumpah pemuda harus disesuaikan zaman
Baca juga: Live di Tiktok, Cak Imin ajak anak muda bercita-cita jadi anggota DPR

Pewarta : Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar