Mudah-mudahan kita bisa bekerja sama dan saling berkolaborasi dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara, serta dapat membantu mempromosikan dan menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membahas potensi kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dengan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam Althagafi, sebagai upaya mempererat hubungan bilateral kedua negara. 

“Mudah-mudahan kita bisa bekerja sama dan saling berkolaborasi dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara, serta dapat membantu mempromosikan dan menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat bertemu dengan Dubes Esam Althagafi di Jakarta, sebagaimana dalam keterangan pers, Rabu.

Dalam pertemuan kemarin (2/11), keduanya membahas antara lain kebijakan visa turis termasuk untuk haji dan umrah, peluang investasi, serta promosi dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif. Materi promosi pariwisata Indonesia untuk Arab Saudi disebut akan menggunakan Bahasa Arab.

Baca juga: Indonesia-Arab Saudi gali potensi perluasan kerjasama sektor parekraf

Selain itu, Menparekraf juga meminta dukungan Arab Saudi untuk penyelenggaraan G20 yang akan digelar tahun 2022.

Menparekraf juga berharap  ada kerja sama dalam menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan seperti olahraga berkuda, memanah, dan berenang, serta pertukaran informasi seputar perkembangan vaksinasi dan isu-isu kesehatan kedua negara. 

Adapun Dubes Arab Saudi Esam Althagafi mengajak wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Arab Saudi. Tak hanya seputar haji dan umrah atau minyak dan gas, negara tersebut dianggap memiliki budaya yang kuat sehingga dapat dijelajahi lebih jauh oleh wisatawan Indonesia.

“Saudi Arabia adalah tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi. Oleh karena itu, melalui pertemuan ini mudah-mudahan kita bisa meningkatkan pariwisata baik di Saudi Arabia maupun Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Menparekraf: World Superbike bakal jadi awal kebangkitan pariwisata RI
 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021