Dubai (ANTARA) - Indonesia menunjukkan kesiapan berkolaborasi dengan negara-negara dunia lewat ajang National Day Indonesia pada gelaran Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab.

"Kita memberikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia betul-betul negara yang siap berkolaborasi dgn negara mana pun, terutama untuk sumber daya manusia," kata Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Didi Sumedi, saat ditemui ANTARA di Dubai, ditulis Jumat.

Potensi sumber daya manusia Indonesia, menurut Didi, bisa diwujudkan dalam berbagai bidang, termasuk diantaranya inovasi, industri hingga teknologi.

Indonesia menggelar perayaan National Day pada Kamis (4/11), dengan tema "Land of Diversity", tanah keragaman, memperkenalkan kekayaan budaya, alam hingga kuliner kepada dunia.

National Day ibarat miniatur Indonesia yang dibawakan dalam bentuk pagelaran seni budaya, dipadukan dengan teknologi untuk menjelaskan secara singkat Tanah Air kepada dunia.

Setelah mengadakan seremoni, yang dibuka oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, malam puncak National Day digelar di Al Wasl Plaza, yang dipenuhi penonton baik orang Indonesia yang tinggal di Uni Emirat Arab maupun pengunjung dari mancanegara.

Presiden Joko Widodo melalui video singkat yang diputarkan pada malam puncak acara National Day mengingatkan bahwa Indoensia memiliki begitu banyak keindahan alam, seperti Likupang di Sulawesi Utara, Danau Toba di Sumatera Selatan, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Didi, yang juga Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor, Kementerian Perdagangan, menambahkan kekayaan kuliner Indonesia juga menjadi salah satu yang mereka tonjolkan di Paviliun Indonesia dan National Day.

Paviliun Indonesia dibuka selama Expo 2020 Dubai berlangsung hingga 31 Maret mendatang.

Di sana, pengunjung bisa melihat kejayaan Indonesia di masa lalu, melalui kekayaan rempah-rempah hingga kekuatan Nusantara di laut sampai potret Indonesia terkini, dengan kemajuan infrastruktur dan kekayaan alam.


Baca juga: Indonesia persembahkan 'Land of Diversity' pada Dubai Expo 2020

Baca juga: Indonesia suguhkan keberagaman pada National Day

Baca juga: RI kibarkan talenta terbaik lewat National Day di Expo 2020 Dubai

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021