Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menawarkan tujuh proyek infrastruktur dalam "Jakarta Investment Forum" (JIF) 2021 dengan estimasi nilai proyek mencapai sekitar Rp41,9 triliun.

“JIF untuk membuka lebih banyak peluang investasi dan kolaborasi antara pemerintah, swasta dan badan usaha lainnya,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Benni Aguscandra di Jakarta, Selasa.

Forum bisnis tahunan pertama itu diselenggarakan secara virtual pada 11-12 November 2021.

Melalui ajang bisnis tersebut diharapkan menjadi momentum tepat memulihkan perekonomian di tengah terkendalinya pandemi COVID-19.

Dalam pemaparannya, Benni menampilkan tujuh proyek infrastruktur yang sudah siap dijajaki di antaranya proyek infrastruktur dari MRT Jakarta, PT Jakarta Propertindo dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Adapun tujuh proyek itu, yakni pembangunan area ritel di Stasiun MRT Bundaran HI dengan nilai proyek mencapai Rp50 miliar.

Baca juga: Anies tawarkan investasi dua proyek kepada investor Singapura
Baca juga: DKI mudahkan proses perizinan untuk akselerasi investasi properti


Kemudian, MRT Fase 4 rute Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah (TMII) nilai proyek Rp28 triliun, pembangunan kawasan ritel di Stasiun MRT Fatmawati senilai Rp29 miliar.

Selanjutnya, proyek LRT Kepala Gading-Jakarta International Stadium (JIS) dengan nilai proyek Rp6,6 triliun, pembangunan kawasan berorientasi transit (TOD) di Pegangsaan Dua senilai 103 juta hingga 106 juta dolar AS atau setara Rp1,53 triliun (kurs Rp14.500).

Selain itu, proyek Intermediate Treatment Facility (ITF) Bantargebang senilai Rp3,8 triliun hingga Rp4,2 triliun dan proyek pengolahan sampah menghasilkan bahan bakar (Refuse Derived Fuel/RDF) di Bantargebang senilai Rp1,5 triliun.

Apabila dijumlahkan menggunakan perkiraan nilai tertinggi maka nilaiestimasi tujuh proyek itu diperkirakan mencapai Rp41,9 triliun.

Benni menjelaskan proyek infrastruktur tersebut sesuai dengan empat bidang investasi yakni keberlanjutan, kesehatan, mobilitas dan pariwisata.

Bagi para calon investor atau pihak terkait yang ingin menyaksikan JIF 2021 dapat mendaftar melalui laman jakartainvestmentforum.com atau menyaksikan tayangan di kanal media sosial youtube Pemprov DKI Jakarta dan instagram @jakartainvestmentforum.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021