Jember (ANTARA News) - Jalur di Kawasan Gunung Gumitir yang menghubungkan Kabupaten Jember-Banyuwagi, Senin pagi, macet karena sebuah truk gandeng masuk paris dan mengganggu arus lalu lintas.

Kapolsek Sempolan, jun Komisaris Polisi (AKP) Zainuri mengatakan, sebuah truk gandeng dari arah Jember menuju Banyuwangi melaju dengan kencang, namun pada saat tiba di tikungan truk tersebut tergelincir masuk parit.

"Truk tergelincir di tikungan 37 km kawasan Gumitir sehingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu" tuturnya.

Untuk itu, lanjut dia, warga setempat dan petugas mengevakuasi truk yang tergelincir masuk parit, agar arus lalu lintas berjalan lancar.

"Arus lalu lintas dibuka dan ditutup secara bergantian untuk kendaraan dari arah Jember maupun arah Banyuwangi, sehingga kemacetan tidak terlalu parah," katanya menjelaskan.

Ia mengimbau asyarakat untuk berhati-hati saat melintasi kawasan jalur Gumitir karena kondisi jalan yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Banyuwangi itu cukup sempit dan banyak tikungan tajam.

"Kalau ada kendaraan mogok, tanah longsor, dan kecelakaan di jalur Gumitir, ruas jalan yang menghubungkan dua kabupaten itu sudah dipastikan macet," ujarnya menambahkan.

Pantauan di lapangan, jalur Gumitir rawan kecelakaan karena jalurnya menanjak, berkelok, banyak tikungan tajam, penerangan kurang dan kondisi jalan sangat licin saat turun hujan.

(KR-MSW*F002/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011