Amblas ini karena pakai peti dan petinya rapuh
Bandung (ANTARA) -
Puluhan makam khusus jenazah COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung, Jawa Barat, amblas akibat dilanda hujan deras.
 
Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Bandung Sumpena mengatakan selain faktor cuaca, kondisi tanah di kawasan itu pun tidak padat usai dialihfungsikan menjadi makam khusus COVID-19.
 
"Waktu pemakaman yang dilakukan musim kemarau dan sekarang masuk musim hujan, itu pasti amblas. Apalagi di Cikadut, pakai peti dan kualitas enggak bagus, jadi cepat rapuh dan tanahnya amblas," kata Sumpena di Bandung, Jawa Barat, Kamis.
 
Selain itu, dia menjelaskan faktor lainnya yang menyebabkan makam amblas yakni pengerukan tanah dilakukan tidak secara manual dengan dicangkul, namun dengan menggunakan alat berat.
 
Adapun menurutnya makam-makam yang amblas itu kini telah ditangani oleh para petugas TPU dengan melakukan perataan tanah dan juga pemadatan tanah.
 
"Ini bukan longsor seperti di Cikutra, amblas ini karena pakai peti dan petinya rapuh," katanya.
 
Salah satu petugas TPU Cikadut, Rasef menyebut ada sekitar 30 makam yang tanahnya amblas. Pihaknya pun telah memberitahukan kejadian itu kepada para keluarga atau ahli waris.
 
Dia menduga amblasnya sejumlah makam itu salah satunya disebabkan kualitas peti bagi jenazah COVID-19 yang kurang memadai.
 
"Itu cepat amblas, kalau petinya bagus biasanya nggak bakal amblas," kata Rasef.

Baca juga: Jenazah dimakamkan di TPU COVID-19 Cikadut Bandung meningkat

Baca juga: Ridwan Kamil minta maaf terkait pungli pemakaman jenazah COVID-19

Baca juga: Polisi siagakan personel di TPU Cikadut Bandung cegah pungli
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021