agar area TPU lebih hijau, nyaman dan asri
Jakarta (ANTARA) - Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta menanam sebanyak 50 pohon di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ceger dan TPU Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur untuk membuat daerah itu makin hijau dan suasananya nyaman layaknya sebuah taman. 

Kadis Pertamanan dan Huta Kota DKI, Suzi Marzitawati, menjelaskan pohon yang ditanam itu terdiri dari jenis mahoni, tabebuya dan spatodea.

"Ini adalah lokasi ke-4 sejak bulan Oktober kemarin dalam program Jumat Menanam. Pohon ini dari hasil kompensasi orang yang mengajukan izin penebangan. Nah, gantinya kita tanam di sini," kata Sizi Marzitawati di Jakarta, Jumat.

Suzi menambahkan sedikitnya 35 pohon pelindung ditanam di TPU Ceger dan 15 pohon di TPU Bambu Apus.

Menurutnya, kegiatan Jumat Menanam ini sasarannya bukan hanya di taman, jalur hijau dan hutan kota, namun juga di TPU.

Baca juga: Gubernur Anies instruksikan seluruh dinas optimalisasi penghijauan

Dia mengatakan tujuannya agar area TPU lebih hijau, nyaman dan asri.

Tak hanya itu, penanaman pohon juga untuk mengubah suasana TPU supaya menjadi seperti taman sehingga warga yang datang ke TPU merasa nyaman.

"Luas TPU Ceger aealnya 5.000 meter persegi. Tahun 2018 dilakukan pengadaan lahan untuk perluasan, seluas 3.000 meter persegi. Jadi, kini luas lahan TPU Ceger 8.000 meter persegi," ujar Suzi.

Dia menyebutkan dari empat lokasi yang sudah ditanami pohon dalam program Jumat Menanam ini, totalnya ada 200 pohon yang ditanam.

Kegiatan tersebut akan terus dilakukan setiap Jumat.

Baca juga: Pengamat sarankan penghijauan di Jakarta dengan tanaman lokal

"Hal ini sekaligus ajang kampanye mengajak masyarakat untuk bercocok tanam. Tujuannya agar lingkungan semakin hijau dan udara Jakarta menjadi bersih," tutur Suzi.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021