Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Sabtu, prakiraan cuaca tersebut berpotensi terjadi di Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia

Cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

BMKG juga memberikan peringatan akan terjadinya gelombang setinggi 1,25-2,5 mete,r antara lain di wilayah Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Lampung, Perairan Enggano - Bengkulu, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Timur, Perairan Selatan Bali hingga Pulau Sumba, Laut Maluku bagian Utara, dan Perairan Utara Papua Barat hingga Papua.

Masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir dan bidang pelayaran diimbau untuk memperhatikan peringatan gelombang laut tersebut.

Baca juga: BMKG : Potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah daerah

Baca juga: Waspadai potensi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah wilayah

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021