kita ajak para mahasiswa tersebut untuk cinta lingkungan
Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan penanaman sebanyak 2.000 bibit pohon di lahan kritis.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin, mengatakan penanaman sebanyak 2.000 bibit pohon tersebut menggandeng para mahasiswa IAIN SAS Babel yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Lubuk Besar.

"Kita ajak para mahasiswa tersebut untuk cinta lingkungan dan memulihkan kembali lahan yang sudah kritis," ujarnya.

Bupati mengatakan, sebanyak 2.000 bibit pohon itu merupakan tanaman buah-buahan yang tidak hanya untuk menghijaukan kembali lahan yang rusak tetapi dalam jangka panjang bisa menghasilkan buah untuk dimakan.

"Lahan kritis itu merupakan bekas penambangan bijih timah yang sudah lama ditinggalkan namun dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan reboisasi," ujarnya.

Baca juga: Bupati Bangka ajak masyarakat perbanyak tanam pohon
Baca juga: Pemkab Bangka tanam angsana atasi lahan kritis

Sebelumnya dalam pertemuan dengan Komisi IV DPR, Bupati memaparkan kondisi kawasan hutan di daerah itu dalam kondisi rusak.

"Kondisi lahan yang rusak itu ada yang semi kritis, kritis dan sangat kritis dengan persentase mencapai 57 persen," ujarnya.

Bupati mengatakan penanaman pohon menjadi salah satu komponen penting dalam pemberdayaan masyarakat serta kelestarian lingkungan.

"Peran para pemuda dan kita semua sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan," ujarnya.

Baca juga: Kelompok Tani Bangka Tengah berhasil panen semangka di lahan kritis

Pewarta: Ahmadi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021