Wakil Ketua MPR berharap kandidat capres teladani para pahlawan

id Capres 2024,Pilpres 2024,Diskusi Empat Pilar,MPR RI,Wakil Ketua MPR,Fadel Muhammad

Wakil Ketua MPR berharap kandidat capres teladani para pahlawan

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat menjadi pembicara dalam Diskusi Empat Pilar MPR bertema "Menebar Nilai Kepahlawanan dalam Kontestasi Politik Nasional" di Jakarta, Senin (15/11/2021). ANTARA/HO-Humas MPR RI

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengharapkan para calon peserta Pilpres 2024 dapat berupaya meneladani para pahlawan, seperti memiliki semangat juang yang tinggi, berpengaruh kuat, dan bersikap konsisten menjalankan tugas.

"Kriteria itu yang kita harapkan ada pada diri para kontestan politik nanti. Saya melihat memang bukanlah hal yang mudah mencari dan menemukan sosok ideal seperti itu, apalagi kontestasi nanti diprediksi akan sangat kompleks, kompetisinya sangat ketat," kata Fadel Muhammad.

Ia menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara dalam Diskusi Empat Pilar MPR bertema Menebar Nilai Kepahlawanan dalam Kontestasi Politik Nasional yang diselenggarakan atas kerja sama Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Jakarta, Senin.

Menurut Fadel Muhammad, Indonesia sebenarnya tidak kekurangan calon-calon pemimpin yang memiliki kriteria seperti para pahlawan bangsa. Indonesia memiliki banyak tokoh inspiratif dari berbagai daerah.

"Yang jadi masalah adalah kita kurang mempromosikan mereka, kurang memberi ruang ke tingkat nasional sehingga kurang dikenal rakyat. Padahal, kemampuan para tokoh ini sangat bagus," kata Fadel dalam keterangan tertulisnya.

Untuk itu, Wakil Ketua MPR ini mengajak seluruh elemen masyarakat mulai memperhatikan secara tepat tokoh-tokoh yang baik dan pantas untuk diberi ruang serta kesempatan maju dalam membuktikan kapabilitas diri mereka sebagai calon presiden.

Meskipun masih tersisa 3 tahun menjelang Pilpres 2024, Fadel menilai gaung kontestasi politik itu sudah mulai terasa sejak sekarang.

Hal tersebut dapat dilihat melalui kemunculan nama sejumlah kandidat calon karena dukungan dari berbagai pihak untuk maju pada Pilpres 2024. Ada pula berbagai spanduk dan baliho dari beberapa figur tertentu di berbagai daerah.

"Menurut saya, fenomena tersebut wajar-wajar saja asal tidak menyalahi aturan yang sudah ditetapkan mengenai pemilu dan pilpres," kata Fadel Muhammad.

Baca juga: Indonesia Survey Center: Elektabilitas Prabowo di atas kandidat lain

Baca juga: Survei Y-Publica: Prabowo-Puan unggul tipis atas Ganjar-Airlangga


Pewarta : Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar