Anugerah Swasti Saba 2021 diterima 3 provinsi dan 36 kabupaten/kota

id Swasti Saba 2021,kabupaten kota sehat,Kemendagri Swasti Saba,Kemenkes Swasti Saba

Anugerah Swasti Saba 2021 diterima 3 provinsi dan 36 kabupaten/kota

Bupati Banjar Saidi Mansyur saat menerima Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021 kategori Padapa, secara virtual di Command Center Manis Martapura. ANTARA/HO-DINAS KOMINFO BANJAR

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Jakarta, Rabu, menyerahkan anugerah Swasti Saba ke 3 pimpinan provinsi dan 36 kabupaten/kota dari berbagai daerah di Indonesia.

Anugerah Swasti Saba merupakan penghargaan dari pemerintah ke para pemimpin daerah yang mampu menciptakan kabupaten dan kota yang bersih dan sehat.

Kabupaten dan Kota Sehat merupakan bagian penting dalam pembangunan daerah, yang tujuan utamanya mendorong masyarakat agar aktif dan peduli terhadap lingkungan hidupnya, kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Sugeng Hariyono saat memberi sambutan pada upacara penyerahan anugerah di Hotel JS Luwansa Kuningan, Jakarta.

Sugeng, dalam kegiatan itu, mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca juga: Wamenkes: Inovasi diperlukan untuk mencapai Indonesia sehat

Dalam kesempatan itu, Sugeng menjelaskan seleksi dan verifikasi terhadap Kabupaten/Kota Sehat 2021 sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini Indonesia masih menghadapi pandemi COVID-19.

“Kami ingin pandemi ini dapat menerangi kita untuk mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri kita dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa depan,” terang Sugeng sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Pusat Penerangan Kemendagri.

Ia pun berharap mewujudkan kabupaten dan kota yang sehat menjadi tujuan bersama pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Terkait itu, ia menegaskan bahwa pemimpin daerah harus punya keinginan atau kehendak politik yang kuat (political will) untuk mewujudkan kota/kabupaten sehat.

Daerah yang sukses ditetapkan sebagai kabupaten/kota sehat umumnya dipimpin oleh kepala daerah yang peduli dengan kondisi kesehatan dan lingkungan masyarakatnya, sebut Sugeng.

“Harapannya, Bapak/Ibu dapat menjadi contoh, dapat menjadi model, role model (teladan, Red.) bagi kabupaten/kota yang lain, bagi provinsi lain sebagai pembina,” ujar dia.

Tiga provinsi yang menerima penghargaan Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Terbaik 2021, yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Sementara itu, 35 kabupaten/kota yang menerima Anugerah Swasti Saba, antara lain Kota Padang Panjang, Kabupaten Sukabumi, Kota Semarang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Blitar, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Bantaeng, Kota Tomohon, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Jenepotan, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Parepare, kabupaten Baubau, dan Kabupaten Palopo, Kabupaten Barru, Kabupaten Wajo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Sinjai.

Daerah lainnya yang mendapatkan anugerah Swasti Saba pada tahun ini, yaitu Kabupaten Tebo, Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Banjar, Kabupaten Majalengka, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Tegal.

Baca juga: Kemendagri raih penghargaan Pengelolaan Barang Milik Negara

Baca juga: Kemendagri apresiasi Lomba Karya Tulis Inovatif Nasional 2021


 

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar