Kemenag sebut fasilitas gerai nikah di MPP Lotte Grosir Bekasi gratis

id Fasilitas gratis,Fasilitas gerai nikah,Gerai nikah MPP,MPP Lotte Grosir,Kabupaten Bekasi,Kemenag Kabupaten Bekasi

Kemenag sebut fasilitas gerai nikah di MPP Lotte Grosir Bekasi gratis

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi Sophian (berdiri) memfasilitasi pernikahan pasangan Fauzi dan Nabila di gerai nikah MPP Lotte Grosir Kabupaten Bekasi, Jabar, Rabu (17/11/2021). (FOTO ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi Sophian memastikan fasilitas gerai nikah yang berada di dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) Lotte Grosir Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tidak dipungut biaya atau gratis.

"Kalau tempatnya saja, gratis. Karena ini kan bentuknya kantor juga, kalau daftarnya di Kantor Urusan Agama (KUA)  wilayahnya masing-masing. Urusan administrasi di KUA itu, tapi karena ini pelayanannya langsung, jadi 0 rupiah," kata Sophian di Cikarang, Kamis.

Ia menjelaskan masyarakat yang bukan berasal dari Kecamatan Cikarang Utara juga bisa mempergunakan fasilitas tersebut dengan cara mengajukan permohonan ke KUA kecamatan masing-masing.

"Namun biaya administrasi bagi mereka yang hendak mendaftarkan diri untuk melaksanakan pernikahan tetap diberlakukan seperti biasa," katanya.

Sophian mengaku gerai nikah MPP Lotte Grosir merupakan salah satu bentuk sinergi antara pihaknya dengan Pemkab Bekasi dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, seperti pasangan Fauzi dan Nabila yang kemarin baru saja melangsungkan pernikahan.

"Ini bagian dari sinergitas kementerian agama dan pemerintah daerah. Alhamdulillah kami apresiasi karena bukan hanya pelayanan administrasi saja yang disediakan, ternyata diberikan gerai nikah. Tetap ada proses pendaftaran di KUA. Alhamdulillah ada pasangannya yang nikah di sini tepat saat di-launchingnya MPP kemarin," katanya.

Selain pelayanan administrasi pernikahan, pihaknya juga menyediakan pelayanan lain yang berkaitan dengan urusan di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Bekasi.

"Gerai nikah mau berapa pun pasangannya, kami siap sediakan tempat, kan tergantung juga dari kesiapan keluarganya. Selain itu, di sini juga bisa mengurus pelayanan untuk izin operasional lembaga, daftar haji dan konsultasi agama," demikian Sophian.

Baca juga: Dua sejoli beruntung di Bekasi, Gubenur Ridwan Kamil jadi saksi nikah

Baca juga: KUA Kabupaten Bekasi tutup layanan pendaftaran nikah

Baca juga: Resepsi pernikahan "drive thru" jadi solusi di tengah pandemi

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar