106 desa di Kabupaten Dairi gelar pilkades serentak

id kabupaten dairi ,pilkades dairi ,desa di dairi,dairi sumatera utara ,kepala desa

106 desa di Kabupaten Dairi gelar pilkades serentak

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu. ANTARA/HO

Sidikalang (ANTARA) - Sebanyak 106 desa di Kabupaten Dairi, SUmatera Utara, akan menggelar pemilihan kepala desa serentak pada 25 November 2021 yang diikuti 277 calon kepala desa.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu, di Sidikalang, Jumat, berharap kepada seluruh calon kepala desa untuk bersaing secara sehat untuk mewujudkan pemilihan yang damai, kondusif, jujur, bebas, adil dan rahasia.

Baca juga: Polda Banten terjunkan 2.000 personel pengamanan pilkades di Lebak

"Saya berharap semua rakyat dapat menikmati proses pesta demokrasi ini. Jangan sampai menimbulkan perselisihan dan pertengkaran hingga makna dari demokrasi itu menjadi hilang.Pilihlah kepala desa yang berkualitas dan mumpuni," katanya.

Ia sangat berharap agar selama masa tahapan jelang Pilkades, semua pihak tetap menjunjung sportivitas. Semua calon yang maju, lanjut dia, tentunya memiliki keinginan untuk membangun desa masing-masing. Untuk itu mari ajak masayarakat untuk menjaga kamtibmas.

Baca juga: Bupati Purwakarta lantik 170 kepala desa hasil Pilkades 2021

"Terlebih bagi panitia pilkades yang memiliki peran yang sangat penting. Saya harap tetap bekerja dengan profesional dan mengedepankan netralitas yang tinggi. Anda adalah bagian dari masyarakat itu. Kinerja anda yang baik akan terlihat apabila pilkades nanti berjalan dan kondusif. Mari satu hati membangun desa kita," katanya.

Karena pilkades diadakan di tengah pandemi Covid-19, ia tidak lupa menyampaikan agar selama tahapan demi tahapan senantiasa mengedepankan protokol kesehatan demi mengantisipasi dan pencegahan terjadinya gelombang ketiga pandemi.

Baca juga: PMD Rejang Lebong mengusulkan anggaran pilkades serentak Rp1,6 miliar

"Saya berharap perhelatan pilkades ini tetap mengedepankan prokes. Kepada forkopimca saya percaya situasi proses pilkades ini telah menyita waktu kita. Tapi yakinlah apa yang kita lakukan ini adalah bagian dari pengadian," katanya.

Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Dairi, Junihardi SIregar, menyampaikan pilkades serentak akan berlangsung di 106 desa dengan jumlah konstentan 277 calon kades dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 120.308 orang.

Baca juga: Kemendagri dorong penerapan demokrasi desa berbasis e-Voting

"Pelaksanaan kampanye pilkades ini akan berlangsung mulai 19 hingga 21 November 2021," katanya.

Pewarta : Juraidi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar