Jakarta (ANTARA) - Promosi dan belanja langsung (live shopping) melalui program "Jumat Beli Lokal" membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Jakpreneur meraup omzet hingga Rp68 juta.

"Dari penerimaan hari ini, omset binaan Jakpreneur setelah dibuka dua hari lalu, omzet yang sudah didapat sebanyak kurang lebih 68 juta rupiah," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat menutup program "Jumat Beli Lokal" secara virtual di Jakarta, Jumat.

Dalam "Jumat Beli Lokal" tersebut, masyarakat mendapat potongan harga jika membeli beberapa produk UMKM Jakpreneur, mulai dari kuliner, aksesoris hingga fesyen.

Program tersebut merupakan kegiatan rutin yang sebelumnya dilakukan di tingkat Provinsi DKI Jakarta, kemudian di tingkat kota setiap dua minggu sekali.

Produk UMKM Jakpreneur yang dijual tersebut merupakan produk pilihan hasil binaan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah Jakarta Pusat (Sudin PPKUKM).

Baca juga: Wali Kota Jakpus promosikan produk UMKM melalui "Jumat Beli Lokal"
Baca juga: DKI bantu pemasaran produk UMKM melalui "Jumat Beli Lokal"


Masyarakat pun tinggal mengakses platform e-commerce, yakni Tokopedia, kemudian mencari toko "Jakpreneur Official Store" dan memilih produk yang ingin dibeli.

Setelah klik "masukan ke keranjang", pembeli tinggal melakukan "check out" dan pembayaran via transfer bank atau opsi lainnya.

Dhany menjelaskan, Pemerintah Kora (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menggencarkan bertambahnya pengusaha UMKM untuk bergabung ke dalam anggota Jakpreneur Jakarta Pusat.

Pemkot Jakpus menargetkan ada 200 ribu wirausaha bergabung dalam Jakpreneur pada 2022 sesuai Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021