Jakarta (ANTARA) - Tesla Inc berencana menghabiskan lebih dari 1 miliar dollar AS untuk pabrik kendaraan barunya di Austin, Texas, dan berencana untuk menyelesaikan konstruksi pada akhir tahun ini, pengajuan publik dengan agen negara bagian Texas menunjukkan hal tersebut.

Dikutip Reuters, Selasa, pengajuan yang diajukan ke Departemen Perizinan dan Regulasi Texas (TDLR) menguraikan pengeluaran Tesla untuk berbagai kemampuan manufaktur di pabrik Austin.

Perusahaan mengatakan berencana untuk menyelesaikan pembangunan fasilitas perakitan umum, cat, pengecoran, stamping dan body shop pada 31 Desember.

Kelima fasilitas tersebut akan memiliki luas persegi gabungan hampir 4,3 juta (0,4 kilometer persegi), dan biaya gabungan 1,06 miliar dollar AS, menurut pengajuan. Outlet berita kendaraan listrik electrek pertama kali melaporkan pengajuan tersebut pada Senin.

Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk sebelumnya mengatakan perusahaan berencana untuk memulai produksi terbatas SUV ukuran menengah Model Y tahun ini, dan produksi volume tinggi tahun depan.

Konstruksi untuk pabrik baru Tesla, yang terletak dekat dengan bandara di pinggiran timur Austin dan diproyeksikan menelan biaya 1,1 miliar dollar AS, dimulai selama musim panas 2020.

Perusahaan diharapkan menerima hampir 65 juta dollar AS dalam potongan pajak lokal untuk pabrik, dan Tesla mengatakan akan menciptakan sekitar 10.000 pekerjaan, kebanyakan dari mereka berketerampilan rendah.

Tesla juga mengatakan akan memindahkan kantor pusatnya ke Austin, Texas dari California.


Baca juga: Tesla akan buka pabrik perlengkapan baterai di Kanada

Baca juga: Pabrik Tesla di Shanghai akan produksi 300 ribu mobil hingga September

Baca juga: Musk sebut pabrik semikonduktor baru akan akhiri kelangkaan chip mobil
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021