Kita sebagai manusia membutuhkan air, anak cucu kita juga membutuhkan air
Depok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Depok, Jawa Barat, Imam Budi Hartono mengapresiasi langkah Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang melakukan penghijauan dengan menanam 500 bibit pohon di kawasan kampus dan sekitarnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya komitmen bersama ini, bisa terus menambah persentase lahan terbuka hijau dan menjaga ketersediaan air di Kota Depok. Kita sebagai manusia membutuhkan air, anak cucu kita juga membutuhkan air," kata Imam dalam keterangan tertulis diterima di Depok, Rabu.

Imam menilai hal tersebut ikut mendukung kampanye Sustainable Development Goals (SDGs) Kota Depok sebagai Kota Biru dan Kota Hijau.

Baca juga: Pemkot Depok luncurkan program bebas stunting

Dikatakannya, dengan menanam pohon dapat mengurangi dampak perubahan iklim akibat pemanasan global. Termasuk menambah area terbuka hijau dan daerah resapan air.

“Sehingga air bisa masuk ke dalam bumi kita, sebagai cadangan air yang akan dimanfaatkan bukan oleh kita saja tetapi seluruh generasi yang akan datang,” jelasnya.

Imam mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIII, Komarudin Hidayat yang akan menyediakan lokasi khusus di area kampus bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Langkah ini sebagai bagian dari upaya membangkitkan perekonomian warga di sekitarnya.

Baca juga: Pemkot Depok larang siswa belum vaksin ikut PTM terbatas

“Kalau dimungkinkan juga nanti ada Dekranasda hadir dengan produk-produk asli Kota Depok, Batik Kota Depok, juga tanamannya. Mudah-mudahan kita bisa lakukan sehingga orang-orang ke sini dari manapun bisa melihat kerajinan Kota Depok,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UIII, Komarudin Hidayat mengatakan UIII akan menjadi kawasan agrowisata serta menjadi kampus yang mudah diakses oleh semua orang.

“Kampus ini harus bisa diakses oleh masyarakat, dengan tetap menjaga lingkungan yang hijau, etis dan sehat,” jelasnya.

Baca juga: Puluhan pohon ditanam di TPU Ceger dan Bambu Apus

Baca juga: Yayasan dan komunitas bergandengan menghijaukan Pegunungan Meratus

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021