Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia tergelincir pada awal perdagangan Jumat, berada di jalur untuk kerugian mingguan ketiga berturut-turut, terseret oleh saham sektor energi karena harga minyak merosot dalam perdagangan tipis di tengah liburan Thanksgiving AS.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia merosot 0,5 persen menjadi diperdagangkan di 7.375,00 poin pada pukul 00.19 GMT, dengan semua sub-indeks utama berada di zona merah.

Subindex energi berkurang 0,6 persen, tetapi berada di jalur untuk mencatat lompatan mingguan pertama setelah enam minggu berturut-turut mengalami kerugian, setelah harga minyak turun tipis karena investor mengamati bagaimana produsen-produsen utama menanggapi rilis minyak darurat yang dirancang AS untuk mendinginkan pasar.

Woodside Petroleum, Oil Search dan Santos melemah antara 0,6 persen dan 1,2 persen.

Sektor pertambangan turun 0,7 persen, di jalur penurunan mingguan ketiga berturut-turut, meskipun harga bijih besi memperpanjang reli ke sesi kelima berturut-turut pada Kamis (25/11/2021).


Baca juga: Saham Australia berakhir menguat, indeks ASX 200 terkerek 7,90 poin

Penambang utama BHP, Rio Tinto dan Fortescue Metals Group kehilangan antara 0,6 persen dan 1,9 persen.

Saham sektor keuangan juga menambah kerugian dengan penurunan 0,5 persen, dengan AMP Ltd turun sebanyak 2,9 persen setelah mengisyaratkan biaya penurunan nilai tambahan sebesar 234 juta dolar AS untuk tahun fiskal 2021.

Bank "Empat Besar" beragam, dengan Australia and New Zealand Banking Group beringsut lebih tinggi bahkan setelah regulator sekuritas negara itu menggugat bank tersebut atas rujukan pinjaman rumah.

Saham -saham terkait emas juga turun 0,7 persen meskipun emas naik didukung oleh kekhawatiran inflasi yang terus-menerus.


Baca juga: Saham Australia datar, kenaikan penambang imbangi keuangan yang lemah


Penambang emas Westgold Resources termasuk di antara pecundang teratas di sektor ini, turun sebanyak 3,4 persen, sementara saham kelas berat Newcrest Mining melemah 0,4 persen.

Di sisi lain, penyedia solusi pembayaran EML Payments melambung 8,3 persen, memperpanjang kenaikan hampir 3,0 persen dari sesi sebelumnya terkait izin bank sentral Irlandia bagi unitnya untuk merekrut pelanggan baru.

Indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru juga terpakas 0,8 persen menjadi diperdagangkan di 12.696,09 poin.


Baca juga: Saham Australia berakhir turun, Indeks ASX 200 tergerus 0,15 persen

Baca juga: Saham Australia jatuh, teknologi dan emas ikuti aksi jual Wall Street

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021