Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mengatakan bahwa produktifitas gol Pierre-Emerick Aubameyang sangat krusial untuk menentukan kesuksesan klub London Utara tersebut pada musim ini dan musim-musim berikutnya.

Arteta mendukung agar kapten timnya tersebut menemukan kembali ketajamannya di depan gawang menjelang pertandingan Liga Premier Inggris melawan Manchester United pada Jumat dini hari WIB (03/12).

Performa penyerang asal Gabon tersebut sedang menurun setelah gagal mencetak gol dalam empat pertandingan terakhirnya.

Aubameyang musim ini seperti kesulitan untuk membobol gawang lawan, dia baru mencetak empat gol dalam 12 penampilan.

Pemain berusia 32 tahun telah diduetkan dengan penyerang asal Prancis Alexandre Lacazette dalam beberapa pertandingan terakhir, dengan kedua pemain bertugas menekan bek untuk langsung memenangkan bola kembali, dan Arteta mengatakan bahwa kedua pemain tersebut harus beradaptasi dengan perubahan dalam formasi tim.

“Performa Auba akan selalu dikaitkan dengan gol yang dicetaknya. Dia melakukan banyak hal lain selain mencetak gol, tetapi jelas kami membutuhkan kontribusi itu karena gol sangat penting untuk kesuksesan kami,” kata Arteta kepada wartawan yang dikutip Reuters pada Rabu.

Baca juga: Mikel Arteta senang dengan performa Aubameyang bersama Arsenal

“Itu telah ditunjukkan dalam beberapa tahun terakhir ketika kami mampu melakukannya dan itu harus menjadi tujuannya… Saya pikir dengan Laca itu sedikit berbeda. Saya pikir Laca lebih nyaman bermain (di nomor sembilan)."

"Formasi yang kami mainkan memungkinkannya lebih bebas dan sering dalam menyerang ruang tertentu dan tugas bertahan banyak berubah dari satu formasi atau lainnya. Itu sesuatu yang perlu dipertimbangkan, tergantung pada pemain yang bermain bersamanya."

Arteta juga mengatakan bahwa Granit Xhaka dan Sead Kolasinac tidak akan bermain melawan United di Old Trafford, tetapi berharap Bukayo Saka akan siap bermain setelah mengalami cedera saat melawan Newcastle United pada akhir pekan lalu.

Selanjutnya : memuji Rangnick

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021