Jakarta (ANTARA) -
Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Masa Jabatan Tahun 2022-2027 menyampaikan sebanyak 28 orang calon anggota KPU dinyatakan lulus tahap seleksi tes tertulis, penulisan makalah dan tes psikologi.
 
Ketua Tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu RI Juri Ardiantoro di Jakarta, Jumat, mengatakan dari 28 orang tersebut terdiri dari 18 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.
 
"Berdasarkan hasil pelaksanaan tes tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi, tim seleksi telah melaksanakan rapat pleno untuk menentukan peserta yang dinyatakan lulus dan karena itu berhak untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya," kata dia.
 
Persentase calon perempuan yang lulus pada tahap seleksi tersebut melebihi 30 persen keterwakilan atau sebesar 35,7 persen.
 
Nama-nama Anggota KPU RI periode jabatan 2017-2022 yang kembali ikut seleksi dan dinyatakan lulus seperti Ketua KPU RI saat ini Ilham Saputra, dan beberapa anggota KPU petahana seperti Hasyim Asy'ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, dan Viryan.

Baca juga: Tes tertulis calon anggota KPU dan Bawaslu digelar terpusat di Jakarta

Baca juga: 629 pendaftar anggota KPU dan Bawaslu lolos seleksi administrasi

Baca juga: 868 orang daftar anggota KPU dan Bawaslu, partisipasi perempuan kurang
 
Calon anggota KPU RI periode 2022-2027 yang lulus tahapan kali ini juga terdapat nama-nama Anggota Bawaslu RI yang masih menjabat saat ini, seperti Ketua Bawaslu RI 2022-2027 Abhan, dan anggota, Bawaslu Mochammad Afifuddin.
 
Tes tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi telah dilaksanakan pada tanggal 24-25 November 2021 bertempat di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta.
 
Jumlah peserta yang mengikuti tes tertulis dan penulisan makalah sebanyak 323 orang, dan tercatat 29 orang tidak hadir pada tahapan seleksi tersebut.
 
Kemudian, pada tes psikologi bakal calon anggota KPU yang hadir berjumlah 321, sementara 31 orang di antara bakal calon tidak hadir dalam tes psikologi.
 
Selanjutnya, bagi bakal calon yang telah dinyatakan lulus pada tahap tes tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi berhak untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya yaitu tahap tes psikologi lanjutan (dinamika kelompok), tes kesehatan dan wawancara.
 
Jadwal tes psikologi lanjutan (dinamika kelompok) pada 9–11 Desember 2021. Tes kesehatan 26–30 Desember dan wawancara bakal calon anggota KPU pada 28-30 Desember 2021.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021