Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo melepas Seri 1 Electric Vehicles Rally Tour 2021, reli kendaraan listrik pertama di Indonesia yang didedikasikan untuk menyambut kepemimpinan Indonesia dalam G-20.

"Melalui kegiatan rally ini, selain mendukung percepatan migrasi kendaraan listrik, juga untuk mengeksplorasi sekaligus mempromosikan berbagai destinasi desa wisata di Bali," kata Bamsoet dalam keterangan pers, Jumat.

Baca juga: Sean Gelael buka suara soal kecelakaan reli Meikarta

"Sehingga bisa dijadikan kekuatan ekonomi dalam menyambut Bali sebagai tuan rumah acara puncak KTT G-20 yang akan diselenggarakan pada tahun 2022 Khususnya dalam mewujudkan misi G-20, Recover Together, Recover Stronger," ujarnya menambahkan.

IMI bekerja sama dengan produsen motor listrik Gesits Bali Pratama, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Pemerintah Kabupaten Badung, dan Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Acara diikuti sekitar 50 peserta yang menggunakan motor listrik Gesits dan motor listrik hasil konversi yang dilakukan oleh berbagai builder.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Seri 1 Bandung EV Moto2 Rally Tour 2021 diselenggarakan pada 3-4 Desember 2021 dan terbagi dalam dua etape.

Rute yang dilalui pada etape I antara lain star dari BNDCC, Nusa Dua tempat diselenggarakannya Rapimnas KADIN, menuju Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, kemudian Desa Wisata Carangsari, dan finish di Triyana Resort Desa Wisata.

"Dilanjutkan pada Etape II dengan start dari Triyana Resort, menuju Bali Elephant Camp, kemudian ke Taman Beji Griya Waterfall Abiansemal, lanjut ke Sangeh Monkey Forest, lalu ke POD Chocolate Factory Werdhi Buana, menuju Mano Beach Seminyak, dan finish di BNDCC, Nusa Dua," jelas Bamsoet.

Ia menambahkan, selama memegang kepemimpinan Presidensi G20 dari Desember 2021 sampai Oktober 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah berbagai pertemuan. Dari mulai tingkat menteri, herpa meeting, working groups, engagement groups new initiative, hingga puncaknya yakni KTT G-20.

"Karenanya kita harus memanfaatkan kepemimpinan Indonesia dalam G-20 ini untuk menarik sebanyak mungkin perhatian dunia, sekaligus membangun citra positif Indonesia di mata dunia. Antara lain dengan menyelenggarakan berbagai side event yang menarik, seperti yang dilakukan IMI melalui Electric Vehicles Rally Tour 2021," ujarnya.


Baca juga: Kunci Rifat Sungkar juara Sprint Rally pakai Xpander AP4

Baca juga: Honda CRF250 RALLY hadir dengan berbagai perubahan

Baca juga: Industri modifikasi otomotif punya potensi untuk bertumbuh
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021