Istanbul, Turki (ANTARA News/AFP) - Juara dunia dua kali F1 Fernando Alonso dari Spanyol berhasil mencatatkan waktu tercepat bagi Ferrari pada sesi latihan bebas pertama Jumat di Sirkuit Istanbul Park Turki.

Sesi latihan yang berlangsung 90 menit itu dilakukan dalam kondisi basah di tengah guyuran hujan dan diwarnai oleh kecelakaan hebat yang menimpa juara dunia dari Jerman Sebastian Vettel dengan mobil Red Bullnya, namun Vettel (23) tidak mengalami cedera sama sekali dalam kecelakaan itu.

Kecelakaan terjadi karena Vettel sempat melakukan kesalahan dalam mengendalikan mobil red bullnya ketika mencoba menghindari genangan sehingga mobilnya harus terhenti karena menabrak kerb pada tikungan kedelapan saat sesi latihan tersebut tinggal 15 menit lagi dan hujan semakin deras mengguyur .

Mobilnya rusak berat dan sesi itu terpaksa dihentikan dengan pengibaran bendera merah dan kemudian harus mengalami penundaan selama 10 menit untuk membersihkan serpihan mobil Vettel.

"Saya baru saja menabrak kerb, saya minta maaf atas kejadian ini -- ada genangan di bagian itu dan saya sudah berusaha mengantisipasinya, namun tak ada lagi yang bisa saya lakukan," kata Vettel kepada timnya lewat radio.

Waktu terbaik yang diciptakan Alonso adalah satu menit 38,670 detik ketika mobilnya dipasangi ban intermediate pada awal-awal sesi latihan tersebut.

Begitu sulitnya kondisi lintasan sehingga membuat tim-tim F1 harus mencoba semua tipe ban Pirelli untuk pertama kalinya pada musim ini.

Duo pembalap Mercedes Nico Rosberg dan Michael Schumacher menjadi yang tercepat kedua dan ketiga mengungguli rekan senegara mereka Nick Heidfeld dan rekan setimnya di tim Renault pembalap Rusia Vitaly Petrov.

Pembalap Jepang Kamui Kobayashi bersama Sauber seperti biasa juga berhasil memperlihatkan penampilan yang spektakuler dimana dia berhasil mengungguli pembalap kedua Ferrari Felipe Massa dari Brazil.

Rosberg mengingatkan bahwa jika hujan ternyata ada aliran air yang menyebabkan genangan di beberapa tempat di pinggir lintasan, khususnya di Tikungan 11 setelah lintasan lurus yang cepat.

Kondisi itu membuat sebagian besar pembalap terlihat harus melebar atau bahkan terlempar keluar lintasan, termasuk semua para pembalap baru dan tak terkecuali juara dunia tujuh kali Schumacher.

Grand Prix Turki, yang akan diadakan pada Minggu mendatang merupakan gelaran keempat musim ini setelah Australia, Malaysia dan China.(*)

(H-OKS/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011