Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel memberikan bantuan kepada para pengungsi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

“Semoga bantuan dari PT Panasonic Gobel ini bisa memberikan manfaat bagi korban,” kata Rachmat Gobel yang juga Komisaris Utama PT Gobel Indonesia melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Bantuan itu langsung disalurkan melalui anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Charles Meikyansyah yang mewakili daerah pemilihan Lumajang dan Jember.

Baca juga: Penyelamat Masih Cari Korban Semeru, PPLI Distribusikan APD Rescue untuk Relawan

Pada Kamis (9/12) bantuan yang disalurkan berupa 1.000 senter besar, 500 pesawat radio, dan 4.000 baterai. Saat itu sebagian titik terdampak erupsi masih belum teraliri listrik karena mengalami gangguan jaringan dan wilayah terdampak erupsi merupakan daerah perkampungan.

“Jadi, senter itu sangat bermanfaat bagi mereka,” kata Charles Meikyansyah, anggota Komisi XI DPR-RI.

Adapun pesawat radio, kata dia, bisa menjadi sarana hiburan dan informasi bagi korban yang ada di pengungsian.

“Tak semua bisa mengakses televisi dan tak semua memiliki handphone. Jadi pesawat radio ini sangat bermanfaat. Semoga RRI dan stasiun radio lainnya bisa menyalurkan informasi dan hiburan lainnya yang dibutuhkan oleh pengungsi maupun korban,” kata Charles.

Menurut dia, dalam situasi seperti ini korban terdampak erupsi Semeru sangat membutuhkan informasi, hiburan, maupun ceramah-ceramah keagamaan yang memberi motivasi dan menyemangati mereka. Mereka bukan hanya trauma akibat musibah, tapi juga kehilangan keluarga serta harta bendanya.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel juga mengimbau pada semua pihak untuk bisa membantu meringankan beban dan penderitaan yang dialami para korban.

Baca juga: Dukcapil terbitkan 960 dokumen pengganti bagi korban letusan Semeru

Baca juga: BRIN: Kerusakan lahan seluas 2.417,2 hektare akibat bencana Semeru


“Sesuai dengan kemampuan dan sesuai dengan yang dimiliki. Saat ini yang kita butuhkan adalah kepedulian dan aksi nyata. Bukan ujaran-ujaran yang justru menambah beban. Setidaknya berikan doa. Itu bentuk empati yang baik juga,” katanya.

Rachmat Gobel yakin orang Indonesia selalu memiliki kepedulian, perhatian, dan semangat saling membantu serta bergotong-royong saat ada bencana.

"Ini yang membuat Indonesia selalu bisa bangkit dan lolos dari setiap guncangan yang hadir. Inilah kekuatan kita dan inilah yang membuat kita sebagai bangsa selalu optimis," katanya.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021