Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman resmi melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia masa bakti 2021-2025 di Jakarta, Sabtu.

Listyo Sigit yang juga menjabat sebagai Kepala Kepolisian RI (Kapolri) itu sebelumnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PB ISSI, menggantikan Raja Sapta Oktohari, dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta, April lalu.

Marciano yakin ISSI di bawah kepemimpinan Listyo Sigit dapat memberikan dampak positif yang bisa meningkatkan prestasi atlet balap sepeda di pentas dunia.

Baca juga: Kapolri Listyo Sigit Prabowo pimpin PB ISSI 2021-2025

"ISSI ini harus bersyukur karena yang menjadi ketua umumnya itu adalah salah satu putra terbaik Indonesia. Beliau bisa meningkatkan sinergi pengurus-pengurus antarprovinsi karena jajarannya ada di seluruh Indonesia dan bisa memberikan dukungan kepada olahraga sport sepeda," ujar Marciano dalam sambutannya usai pelantikan PB ISSI.

Marciano juga berpesan agar kepengurusan baru PB ISSI dapat terus mengembangkan olahraga sepeda berbasis pariwisata atau sport tourism, seperti penyelenggaraan Tour de Singkarak dan Tour de Indonesia.

Sementara itu, Listyo Sigit Prabowo menyatakan siap meneruskan prestasi olahraga balap sepeda Indonesia hingga meloloskan atletnya ke Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Ketua umum baru PB ISSI diharapkan loloskan atlet ke Olimpiade Tokyo

Ia juga akan melanjutkan enam program strategis PB ISSI, yakni pengembangan kualitas pelatih, komisier dan juri, kualitas event baik skala nasional maupun internasional, pengembangan prasarana dan venue balap sepeda, serta peningkatan tata kelola organisasi.

"Saya akan melanjutkan prestasi yang telah diraih sebelumnya, dan tentunya akan ditingkatkan," ucap Listyo.

"Kami juga akan membuat jalur-jalur atau trek di perkotaan dalam rangka mendukung peningkatan budaya olahraga masyarakat," ujar dia menambahkan.

Baca juga: ISSI Jatim titip harapan ke Jenderal Listyo usai terpilih di Munaslub

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021