Penguatan dosen dilakukan dengan melibatkan dosen IPB untuk turut serta menjadi dosen pengajar di Itera
Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjalin kerja sama dengan IPB University dalam penguatan sumber daya manusia (SDM) dosen hingga pelaksanaan program penelitian (riset) dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Itera Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., dalam keterangannya di Bandarlampung, Senin, menyampaikan terima kasih atas dukungan IPB University selama ini dalam pelaksanaan pendidikan, terutama dalam penguatan kapasitas dosen.

"Penguatan dosen dilakukan dengan melibatkan dosen IPB untuk turut serta menjadi dosen pengajar di Itera sebagai dosen luar biasa," kata dia.

Baca juga: ITERA Lampung dorong percepatan penerapan industri halal di Indonesia

Selain itu, ia pun menyambut baik kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara LPPM Itera dan IPB University, dimana akan ada beberapa program yang diperkuat diantaranya tentang pelaksanaan riset dan publikasi bersama, kuliah kerja nyata (KKN) dan pengabdian masyarakat bersama, serta pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Di era MBKM saat ini, kolaborasi antarkampus sangat diperlukan, sehingga Itera sangat menyambut baik kerja sama dengan IPB,” ujarnya.

Baca juga: Itera raih penghargaan khusus BMN Awards Tahun 2021

Rektor Itera mengatakan bahwa IPB merupakan kampus yang menjadi pioner dalam pengembangan pertanian modern, sehingga hal ini sangat selaras dengan beberapa program studi di Itera.

“Kami juga pernah ditantang oleh Rektor IPB untuk bisa menghasilkan teknologi pertanian yang modern,” ujarnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop., menyampaikan IPB juga berkomitmen untuk terus melanjutkan kerja sama yang telah terjalin dengan Itera.

Baca juga: Itera beri pelatihan tanggap bencana kepada mahasiswa dan pegawai

"Kami memandang Itera adalah masa depan dengan SDM muda yang progresif. Melalui penguatan SDM, IPB siap mendukung Itera,” kata dia.

Menurut Dodik, banyak potensi yang bisa dikerjasamakan dengan Itera salah satunya pengabdian kepada masyarakat secara bersama-sama di beberapa daerah di Lampung dan Sumatera.

"Kami sempat mengunjungi kawasan di sekitar Gunung Balak, ternyata Itera juga sudah melakukan pendampingan di daerah tersebut, sehingga ke depan, IPB akan melaksanakan KKN bersama di beberapa daerah di Lampung bersama Itera. Apalagi IPB juga juga sudah melaksanakan program KKN di salah satu daerah di Lampung, yakni Kabupaten Tanggamus," kata dia.

Baca juga: Alumni IPB bagikan beasiswa pada perayaan reuni perak

Baca juga: Rektor IPB Arif Satria berpantun sambut terpilihnya jadi Ketua ICMI





 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021