Jakarta (ANTARA) - Penyedia produk kopi So So Good Coffee Company (SSG) merilis Catur Collection 21/22, yang merupakan empat profil kopi terbaru hasil kolaborasi dengan Catur Coffee Company.

Profil kopi yang dinamai Bumi, Senja, Pucuk dan Kamala itu juga merupakan bagian dari upaya SSG untuk memberdayakan sumber daya manusia (SDM) di industri kopi Indonesia, agar nantinya kualitas industri yang menjadi salah satu aset negara ini meningkat.

"Kami ingin menghadirkan ciri khas negara Indonesia melalui biji kopi yang diolah dengan sempurna dari setiap daerah," kata Mikael Jasin, founder SSG, dalam siaran pers, dikutip Senin.

Baca juga: Kopi terbaik Indonesia juarai Kontes Kopi Spesialti 2021

Baca juga: Otten Coffee hadirkan robot barista


Untuk menghasilkan biji kopi Indonesia terbaik, kata Mikael, terdapat sumber daya baik manusia dan alam yang memegang peranan besar.

Oleh karena itu, ia dan tim melakukan langkah-langkah fermentasi khusus yang didukung oleh starter fermentasi yang mengikuti spesifikasi tanah di berbagai daerah di Indonesia, dengan menggunakan campuran mikroba dan ragi yang khusus.

Selain digunakan di World Barista Championship, biji kopi dari Catur Collection juga digunakan SSG untuk meraih peringkat pertama di Indonesian Barista Championship 2020.

SSG dan Catur Coffee Company akan melakukan roadshow untuk memperkenalkan Catur Collection 21/22 di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta (2/12), Bandung (10/12) dan Bali (19/12). Melalui kegiatan ini, mereka berharap semakin banyak masyarakat yang menyadari potensi dan keunggulan biji kopi Indonesia.

Catur Collection 21/22 ini akan dipasarkan secara B2B maupun B2C mulai tanggal 2 Desember 2021. So So Good Coffee Company dan Catur Coffee Company memastikan proses terciptanya Catur Collection 21/22 ini memiliki dedikasi dan mentalitas yang sama seperti saat Mikael memenangkan kejuaraan-kejuaraan barista.

Mikael dan tim menghabiskan 24 hari di jalan, berkendara sekitar 4000 km melintasi Indonesia untuk memastikan bahwa realisasi produksi kopi dengan citarasa sangat enak dapat terjadi. Dengan misi pemberdayaan SDM Indonesia, SSG dan Catur Coffee Company telah membantu sebanyak 1.169 kepala keluarga.

Baca juga: Menu ini terinspirasi dari kehangatan perayaan akhir tahun

Baca juga: Kenangan Heritage resmi dibuka di Senayan City

Baca juga: Strategi Fore Coffee hadapi musim liburan dan tahun baru

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021