Jakarta (ANTARA) - Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM Ratna Arifin Tasrif mengatakan ketahanan perempuan Indonesia telah ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi COVID-19.

Menurut dia, pandemi COVID berdampak pada semua sektor, termasuk kesehatan mental individu.

"Oleh karena itu dukungan berbagai elemen, termasuk Dharma Wanita Persatuan, dalam proses pemulihan baik ekonomi maupun kesehatan mental sangat diperlukan," kata Ratna dalam sambutannya saat membuka seminar dalam rangka memperingati Ulang Tahun Ke-22 DWP, yang berlangsung secara hibrid di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, tema seminar kali ini  "Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM", sangat berkaitan erat dengan perjuangan masyarakat Indonesia untuk pulih dari pandemi COVID-19.

Sementara itu Ketua Umum DWP Erni Tjahjo Kumolo menyampaikan tujuan dari tema yang diusung pada HUT DWP adalah untuk pemberdayaan ekonomi perempuan dan memastikan program kerja DWP senantiasa berorientasi untuk mewujudkan kesejahteraan anggota keluarga dan masyarakat melalui pendidikan ekonomi dan sosial budaya, serta pemulihan dampak pandemi COVID-19, khususnya bagi UMKM.

Penguatan sektor UMKM juga merupakan salah satu fokus pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

Menurut Ratna, sejumlah kegiatan DWP Kementerian ESDM turut mendorong pengembangan kapasitas pelaku UMKM melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan.

Baca juga: KPPPA dorong peran perempuan pengusaha dalam pemulihan ekonomi

"Ke depannya DWP Kementerian ESDM akan menjangkau lebih banyak UMKM di berbagai daerah di Indonesia, menjalin kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, serta melakukan kemitraan dengan para pelaku di sektor industri kreatif. Kehadiran narasumber hari ini dari industri kreatif, Didiet Maulana diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi kita semua dalam menggali potensi yang ada dan meningkatkan kualitas output produk UMKM agar mampu bersaing di pasar dalam dan luar negeri," ujarnya.

Ketua DWP Kementerian ESDM Ivanna Ego Syahrial menambahkan selain seminar, dalam rangka HUT DWP, pihaknya telah melaksanakan kegiatan antara lain bakti sosial berupa penyerahan bantuan langsung kepada perwakilan penerima manfaat di Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, dan Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan lain adalah sharing session antara pengurus dan penasihat DWP Kementerian ESDM atau DWP Talk dengan berbagai topik terkait pemberdayaan perempuan, UMKM, dan kesehatan mental.

Ivanna menyampaikan seminar ini diharapkan dapat menjadi penyemangat dan pengingat bahwa perempuan sebagai pondasi dalam keluarga harus memiliki mental yang kuat dan sehat, sehingga dapat membentuk karakter terbaik yang dimiliki seorang perempuan bagi putra putrinya.

"Dengan sifat keibuan yang dimiliki seorang perempuan, maka perempuan juga dapat turut membantu ekonomi keluarga dengan menjadi support system bagi pasangan atau menjadi penggerak langsung ekonomi keluarga dengan memulai usaha kecil dari rumah," ungkapnya.

Baca juga: Menaker Ida dorong peran perempuan dalam pemulihan ekonomi

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021