Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan melakukan kunjungan kerja mengunjungi pengungsi bencana awan panas guguran Gunung Semeru di Posko Desa Penanggal, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis.

"Iya benar hari ini ada kunjungan dari Bapak Wapres Ma'ruf Amin di Lumajang," kata Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dalam pesan singkat yang diterima ANTARA.

Jadwal kunjungan kerja yang diterima ANTARA, Wapres beserta istri dan rombongan menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU lepas landas menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Baca juga: Bupati Lumajang sampaikan hasil kunjungan Presiden ke bencana Semeru

Baca juga: Kiprah relawan Unej bantu korban bencana Gunung Semeru


Di Bandara Juanda, rombongan Wapres akan disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat di ruang tunggu utama bandara.

Wapres Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Khofifah dengan rombongan terbatas akan menggunakan helikopter menuju ke Posko Pengungsian Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro untuk melihat kondisi pengungsi bencana Gunung Semeru.

Rombongan Wapres juga dijadwalkan mengunjungi Posko Bank Syariah Indonesia di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, kemudian rombongan terbatas akan meninjau Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Berdasarkan data sementara BPBD Lumajang pada Rabu (15/12), kejadian awan panas guguran Gunung Semeru telah menyebabkan 48 warga meninggal dunia, 18 orang luka berat dan 9 orang luka ringan.

Jumlah warga mengungsi sebanyak 10.158 orang dengan jumlah titik pengungsian tersebar di 151 titik di Kabupaten Lumajang baik posko pengungsian mandiri maupun posko yang disediakan pemerintah daerah.

Baca juga: Kemensos lakukan pendataan anak yatim piatu korban erupsi Semeru

Baca juga: Korban meninggal akibat awan panas guguran Semeru jadi 48 jiwa

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021