Tanpa ketiga sifat itu, kemampuan seorang pemimpin belumlah lengkap
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan para pemimpin berbagai sektor di era disrupsi harus memiliki cara berpikir luwes dan adaptif serta perlu membuat terobosan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan itu saat menjadi pembicara dalam webinar dengan tema Leadership Transformation in Technology, Millenial and Pandemic Disruption yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Magister Manajemen Eksekutif angkatan 71 (MME71) Sekolah Tinggi Manajemen PPM Jakarta, Sabtu.

”Cara berpikir luwes dan adaptif serta berani membuat terobosan itu telah dipraktikkan oleh Presiden Joko Widodo pada masa awal Indonesia menghadapi pandemi,” ujar Muhadjir dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Menhub-Menko PMK apresiasi Jateng antisipasi lonjakan pemudik Natal

Salah satu contoh kebijakan pemerintah yang mengadopsi konsep ini adalah tidak dilakukannya "lockdown" saat pandemi COVID-19. Tetapi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang kemudian berubah menjadi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Menurut Muhadjir, melalui kebijakan tersebut, Indonesia diakui oleh dunia sebagai salah satu negara yang berhasil mengendalikan penyebaran COVID-19 karena kasus positif berangsur melandai dan kasus meninggal dunia juga makin kecil.

Baca juga: Menko PMK : Angka kematian bayi berat badan rendah di NTB tinggi

Walaupun fokus pada penanganan COVID-19 bersama kementerian dan lembaga, Kemenko PMK tetap menyadari bahwa pandemi juga telah mengancam pelayanan kesehatan dasar.

Untuk itu, di tengah upaya mengendalikan COVID-19, Kemenko PMK tetap menggalakkan program penanganan stunting karena angkanya masih di kisaran 27,6 persen, serta program-program lain yang terkait dengan sumber daya manusia.

Menurut Muhadjir, selain memiliki cara berpikir luwes dan adaptif, seorang pemimpin juga harus memiliki sifat filantropis, empati dan altruis agar organisasi bisa dinamis dan berkelanjutan.

Baca juga: Menko PMK ajak umat Kristiani waspadai COVID-19 jelang Natal

”Tanpa ketiga sifat itu, kemampuan seorang pemimpin belumlah lengkap,” ujar dia.

Terkait dengan tugas Kemenko PMK, penguatan daya saing sumber daya manusia merupakan salah satu kunci bagi organisasi dan pemimpinnya agar bisa sukses melalui era disrupsi.

”Selain fokus pada penguatan daya saing sumber daya manusia, Kemenko PMK juga memberi perhatian pada penguatan program perlindungan sosial,” kata Muhadjir.

Baca juga: Menko PMK khawatirkan angka kematian ibu dan bayi semakin meningkat

Pada penguatan daya saing sumber daya daya manusia, Kemenko PMK merealisasikan bantuan pendidikan bagi siswa miskin dari tingkat dasar sampai kuliah, memberi keterampilan pada siswa setingkat SMA yang baru lulus sesuai kebutuhan dunia usaha, mempercepat pembangunan dan rehabilitasi sarana prasarana pendidikan, serta mempercepat penurunan stunting.

Adapun pada penguatan program perlindungan sosial, Kemenko PMK mengimplementasikan berbagai program, antara lain pemberian kartu sembako, melanjutkan program keluarga harapan, dan perbaikan mekanisme penyaluran bantuan sosial.

Baca juga: Mensos dorong daerah bangun sekolah inklusi
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021