Program pelatnas semacam ini dapat membangun mental kompetitif dan mental juara para atlet
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol dan United Nations World Tourism Organization (UNWTO)  Muhammad Najib menemui tim nasional catur Indonesia yang mengikuti acara uji coba turnamen “Sunway Sitges International Chess Festival 2021”.

Uji coba turnamen itu berlangaung di Sitges, Spanyol pada 11 hingga 24 Desember 2021.

Uji coba yang dihadiri tim atlet unggulan, terdiri dari Irene Iskandar dan kawan-kawan, di bawah asuhan Nanang Surahman, berangkat ke kota Sitges sebagai bagian program Pemusatan latihan Nasional (Pelatnas) Catur untuk menghadapi SEA Games XXXI/2021 di Vietnam nantinya, berdasarkan keterangan dari KBRI Madrid yang diterima di Jakarta, Minggu.

Timnas catur yang mengikuti uji coba ini terdiri dari delapan atlet catur putra yaitu GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, IM M. Lutfi Ali, IM Sean W Cuhendi, IM Gilbert Elroy Tarigan, IM M. Ervan, IM Yoseph Theolifus Taher dan IM Azarya Jodi Setyaki.

Baca juga: Tim putra Indonesia sementara peringkat enam catur Asia online

Kemudian sebanyak delapan atlet catur putri, GMW IM Irine K. Sukandar, GMW IM Medina Warda Aulia, WIM Chelsie Monica I. Sihite, WIM Ummi Fisabililah, WIM Dewi Ardhiani A. Citra, WIM Dita Karenza, Laysa Latifah, WIM Shanti Nur Abidah, dan dua pelatih-pengurus, Rudiyanto Majella, Nanang Surahman.

Duta Besar Muhammad Najib memberikan dukungan penuh kepada seluruh atlet catur yang diharapkan dapat mengibarkan bendera Merah Putih pada SEA Games mendatang yang akan diselenggarakan di Vietnam.

“Program pelatnas semacam ini dapat membangun mental kompetitif dan mental juara para atlet di samping untuk tetap menjaga kesiapan mereka menghadapi medan yang sebenarnya,” harapnya.

Duta Besar dan sejumlah staf KBRI Madrid berharap kehadirannya dan jamuan makan dengan menu Indonesia yang disuguhkannya dapat mengobati kerinduan para atlet catur terhadap keluarga dan kampung halaman yang telah ditinggalkannya sejak 11 Desember lalu.

Timnas Indonesia dengan atlet catur pria, Susanto Megantoro menduduki peringkat ke-18 dari 392 atlet yang bertanding dalam turnamen Sunway Sitges International Chess Festival.

Semua atlet Indonesia yang berlaga pada turnamen ini mengisi Grup A.

“Kita mengikuti turnamen ini sebagai persiapan untuk timnas catur Indonesia mengikuti SEA Games yang akan dilaksanakan pada 12-23 Mei 2022 mendatang,” kata pelatih tim Rudijanto Majella.

Baca juga: Tim putra Indonesia maju ke perempat final catur online Asia

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021