UKM khusus perempuan berperan besar dan membawa efek ganda pada perekonomian
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki mengharapkan Perempuan Indonesia Maju (PIM) yang sebagian besar anggotanya perempuan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa meningkatkan peran serta dan berkontribusi dalam percepatan pemulihan transformasi ekonomi.

Menurut Menkop dalam keterangannya di Jakarta, Senin, sebanyak 65 juta pelaku UMKM berdasarkan jenis usahanya, 30 persen diantaranya dijalankan oleh perempuan, 50.6 persen usaha kecil dan 52.9 usaha mikro juga dijalankan perempuan.

"UKM khusus perempuan berperan besar dan membawa efek ganda pada perekonomian. UKM perempuan cenderung ramah lingkungan dan inklusif dibanding yang dimiliki laki-laki," ujarnya menanggapi Pengukuhan Pengurus Perempuan Indonesia Maju (PIM).

Sementera itu, Wakil Ketua Umum Bidang Ekonomi PIM Lisa Zen Purba menyatakan PIM sudah melakukan berbagai kegiatan yang mendukung kemajuan UMKM perempuan dengan menggandeng berbagai pihak seperti Pertamina Foundation (Womenpreneuership Online Coaching) dan juga Telkomsel (Aplikasi UMKM 99% Usahaku) dan Smesco.

Saat ini, tambahnya, PIM bekerjasama dengan Smesco menyediakan fasilitas logistik dalam program Fullfilment Center.

Menurut Dirut Smesco, Leo Theosabrata Fullfilment Center merupakan bagian dari layanan terpadu Smesco yang bertujuan untuk meningkatkan perputaran produk UMKM yang didukung dengan fasilitas layanan logistik produk UMKM secara realtime, tepat waktu, aman.

"Jadi ini solusi untuk mendistribusikan produk UMKM secara lebih merata, luas, lebih murah dan terjangkau di seluruh Indonesia," ujarnya.

Ketua PIM Lana Koentjoro menambahkan PIM merupakan perkumpulan yang sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia, baik di Aceh, Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali, NTB NTT, selain itu juga sudah ada di Amerika, Eropa, Hongkong .

"PIM juga sudah memfasilitasi jual beli UMKM Perempuan bekerjasama dengan Market Place yang ada di Amerika," katanya.

Sebelumnya pada Jumat (17/12) Dewan Pertimbangan Presiden yang juga Pelindung PIM Sidarto Danusubroto mengukuhkan pengurus PIM dan berpesan agar PIM dapat terus meningkatkan kemajuan Perempuan Indonesia dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi bangsa.

Baca juga: KLHK eksplorasi andil perempuan dalam Program Investasi Kehutanan
Baca juga: Menparekraf Sandiaga: Perempuan punya peran penting bangkitkan UMKM
Baca juga: Teten Masduki: Kewirausahaan berbasis inovasi teknologi sangat vital

Pewarta: Subagyo
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021