Jakarta (ANTARA) - Liburan akhir tahun di rumah saja tak selalu membosankan. Anda bisa memanfaatkan hari libur menuju pergantian tahun dengan mencoba tempat-tempat nongkrong yang belum pernah disambangi di ibukota yang asyik untuk bersantai.

ANTARA mencicipi dua tempat di Jakarta Selatan yang masuk dalam daftar PergiKuliner Berburu Tempat Nongkrong, acara kuliner dengan konsep berburu kafe di Jakarta untuk mengumpulkan "stamp" dengan reward kupon yang bisa ditukar di gerai-gerai yang berpartisipasi.

Baca juga: Menu ini terinspirasi dari kehangatan perayaan akhir tahun

Kopi Nyai

Kafe yang terletak di daerah Gandaria, Jakarta Selatan ini terlihat kecil, tapi sebetulnya memiliki banyak tempat duduk di dalam dan luar ruangan. Begitu memasuki kafe, terlihat tempat yang menguarkan suasana cozy bernuansa serba kayu dengan interior yang homey.

Pengunjung bisa memilih ingin duduk di sofa empuk atau bangku kayu, atau duduk di ruangan berpendingin udara lain yang menghadap ke area luar yang tak kalah menarik.

Baca juga: Resep SaraFun 1-2-3 yang bakal disukai seluruh keluarga

Tempat duduk di area luar juga cukup banyak, asyik untuk bersantai terutama bagi Anda yang memilih menikmati udara segar. Di bagian dalamnya, ada beberapa colokan listrik yang tersedia, sehingga kafe ini menjadi tempat yang cocok bila Anda ingin mengerjakan tugas atau bekerja di sana.
 
Kopi Nyai, Jakarta Selatan (ANTARA/Nanien Yuniar)


Begitu memasuki pintu kafe, terlihat daftar menu yang dituliskan di papan hitam mencolok, mulai dari kopi khas nyai, minuman bukan kopi, kudapan, croffle, makanan utama hingga sandwich. Untuk brunch, ANTARA mencoba beberapa kudapan dan minuman segar sembari menanti jam makan siang.

Baca juga: Lima fakta di balik popularitas jajanan khas Korea

Menu yang dipilih adalah es kopi jelly yang segar, tak terlalu kuat rasa kopinya, dan tambahan jelinya membuat minuman ini terasa ciamik. Bila ingin minuman rasa buah, ada strawberry smoothies yang segar.
 
Kopi jelly (ANTARA/Nanien Yuniar)


Bagi Anda yang belum terlalu lapar, kudapan-kudapannya patut untuk dicoba. Pisang goreng karamel adalah teman minum kopi yang enak. Tambahan saus karamel terasa cocok dengan pisang goreng yang luarnya renyah dan lembut di dalamnya.

Baca juga: Restoran Jepang baru berkonsep izakaya hadir di Jakarta

Kafe Nyai juga menyediakan makanan-makanan berat seperti nasi jeruk ayam sambal matah, nasi jeruk cumi hitam, fettucini carbonara, chicken nanban sampai nasi sei sapi sambal matah. Tersedia pula makanan penutup seperti puding dan banofee.

Sams Angel

​​​​​​​
Sams Angel (ANTARA/Nanien Yuniar)


Berlokasi di Jalan Bumi, Blok M, Kebayoran Baru, Sams Angel kental dengan nuansa industrial di bagian interiornya. Pencinta otomotif nampaknya bakal langsung jatuh hati karena foto-foto mobil, motor dan aksesoris motor seperti helm hingga jaket menghiasi tempat ini.

Baca juga: Sushi Kaiyo hadirkan "kotak harta karun" berisi andalan chef Jepang

Kafe ini cukup luas sehingga bisa dijadikan tempat berkumpul beramai-ramai. Tempat ini dilengkapi juga dengan panggung kecil untuk pertunjukan musik. Pemilihan musik latarnya asyik untuk didengarkan sembari menunggu aneka menu dihidangkan.
 
Spageti di Sams Angel, Jakarta Selatan (ANTARA/Nanien Yuniar)


Menu istimewa dari chef yang ditawarkan meliputi nasi lemak yang berisi lauk ayam, sambal dan teri kacang. Juga ada spageti aglio olio, burger dari daging sapi Selandia Baru yang lembut lengkap dengan kentang goreng gurih.

Baca juga: Hong Tang segera tambah lima gerai dan dua outlet multi-brand
 
Burger di Sams Angel (ANTARA/Nanien Yuniar)
Fried Rice Sams Angel (ANTARA/Nanien Yuniar)


Jangan lupa mencoba Fried Rice Sams Angel alias nasi goreng yang suapan pertamanya langsung membuat mata membelalak karena bumbunya yang lezat. Tak terasa terlalu berminyak, nasi ini punya rasa yang gurih dengan pugasan tak main-main: daging wagyu, udang, telur mata sapi dan acar yang memberi letupan asam di tengah kunyahan.

Selain makanan berat, pengunjung juga bisa memesan menu khas sarapan seperti roti lapis, kaya toast. Menu lainnya yang dihidangkan adalah dimsum, kentang goreng, pisang goreng hingga sayap ayam.

Kafe ini bisa jadi pilihan asyik untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan karena ada tempat-tempat untuk mengisi daya gawai Anda.

Baca juga: Menu dan restoran yang banyak dibicarakan tahun 2021

Baca juga: Tiga resep makanan penutup untuk sambut pergantian tahun

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021