Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Utama Indonesia Financial Group (IFG) sekaligus Ketua Tim PMO Restrukturisasi Hexana Tri Sasongko mengatakan IFG Life akan mengambil alih polis nasabah eks PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya) senilai Rp33,02 triliun pada tahap I.

Pengalihan polis ini sesuai dengan akta pengalihan polis yang ditandatangani pada 15 Desember 2021.

"Pengalihan polis pada IFG Life efektif 16 Desember 2021 dan pembayaran atas manfaat polis dilakukan oleh IFG Life sesuai kontrak pada masing-masing produk," kata Hexana dalam Seremoni Penyerahan Polis di Jakarta, Rabu.

​​​​IFG Life akan melanjutkan pengalihan polis pada tahap II  yang merupakan polis-polis yang masih membutuhkan proses penyelesaian dokumen administrasi dan verifikasi dokumen terhadap polis restrukturisasi kategori negative confirmation.

"Proses peralihan polis tahap II ditargetkan selesai pada semester I 2022," kata Hexana.

Baca juga: IFG Life bekomitmen menyelesaikan pengalihan 300 ribu polis nasabah

Sebelumnya IFG dan Jiwasraya telah mendapatkan persetujuan dari 99,3 persen pemegang polis korporasi, 99,8 persen pemegang polis ritel, dan 98,3 persen pemegang polis bancassurance untuk melakukan restrukturisasi dan pengalihan polis.

Untuk mengelola polis-polis tersebut IFG pun mendirikan IFG Life pada 22 Oktober 2020 dan telah mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 07 April 2021 melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP- 19/D.05/2021 tentang Pemberian Izin Usaha di Bidang Asuransi Jiwa Kepada PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Hexana juga melaporkan bahwa IFG Life telah menerima penguatan pemodalan dari sumber internal IFG secara bertahap sebesar Rp510 miliar, Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp20 triliun, dan dari fundraising sebesar Rp6,7 triliun yang akan segera menyusul.

"Dengan demikian seluruh kebutuhan Rp26,7 triliun untuk menutup equity gap untuk IFG Life akan dapat dipenuhi," ucapnya.

Baca juga: Kantongi izin, Jiwasraya mulai alihkan polis ke IFG Life
 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021