Surabaya (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Timur sudah membuka pendaftaran calon taruna Akademi Kepolisan di Mapolda setempat mulai 10 Mei dan akan ditutup pada 3 Juni 2011.

"Selama mengikuti seleksi tidak dipungut biaya apapun," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Drs Rachmat Mulyana di Surabaya, Sabtu.

Secara umum, persyaratannya adalah sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan.

Selain itu, tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres setempat), bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI, dan berijazah serendah-rendahnya SMA/SMK/MA jurusan IPA/IPS.

"Nilai rata-rata minimal 6,5 untuk jurusan IPA dan 7 untuk jurusan IPS, sedangkan untuk lulusan tahun 2011 dengan minimal nilai rapor 7 untuk jurusan IPA dan nilai 7,25 untuk jurusan IPS dengan disahkan oleh kepala sekolah dan Surat Tanda Kelulusan (lulus). TOEFL 500 atau lebih dapat diprioritaskan," katanya.

Persyaratan lainnya, tinggi badan untuk pria minimal 163 cm, tinggi badan untuk wanita minimal 160 cm dengan berat badan seimbang, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.

Selanjutnya, bersedia menjalani ikatan dinas pertama selama 10 tahun sejak diangkat menjadi Perwira Polri, tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain.

"Bagi yang sudah bekerja secara tetap mendapat izin dari pimpinannya dan bersedia diberhentikan dari status karyawan atau pegawai bila diterima dan mengikuti pendidikan," katanya.

Untuk keterangan selengkapnya dapat dilihat di Polrestabes, Polres, dan Polsek se-Jatim, di antaranya foto, fotokopi ijazah/NEM/UN, surat keterangan kepala sekolah, akte kelahiran, dan sebagainya.

"Registrasi dapat dilakukan dengan membuka website www.jatim.polri.go.id, lalu ke kontens link www.penerimaan.polri.go.id dengan memilih menu registrasi," katanya.

Setelah itu, klik pilihan untuk "Penerimaan Taruna/i Akademi Kepolisian" atau "Penerimaan Inspektur Polisi Sumber Sarjana" atau "Penerimaan Brigadir Polisi."

"Untuk penerimaan Inspektur Polisi Sumber Sarjana, Polda Jatim sudah menyeleksi 112 dari 133 pendaftar dan kini memasuki serangkaian pemeriksaan administrasi, kesehatan, psikologi, dan sebagainya yang melibatkan tujuh lembaga eksternal, termasuk LSM," katanya.

(E011/F002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011