Kota Bogor (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota masih memantau kondisi lalu lintas di titik sentral Baranangsiang untuk menentukan pemberlakuan ganjil genap pelat nomor kendaraan.
 
Menurut Kasatlantas Polresta Bogor Kota AKP Galin Apria saat diwawancara di Pos Polisi Baranangsiang, Minggu sore, mengatakan situasi lalu lintas kendaraan belum menunjukkan peningkatan, sehingga belum perlu rekayasa lalu lintas itu.
 
"Ganjil genap juga akan dimainkan kondisional, apabila pintu keluar Tol Bogor dan BORR mulai meningkat," katanya.

AKP Galih menyampaikan pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2022, rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap pelat nomor kendaraan disiapkan menjelang hari Jumat, Sabtu Minggu, khususnya bagi masyarakat yang hendak berlibur ke Kebun Raya Bogor.

Baca juga: Lalu lintas normal, pengunjung Kebun Raya capai 5.000 orang
 
Hingga sore ini, kata dia, pengunjung Kebun Raya Bogor mencapai 5.000 atau seperempat dari kapasitasnya yang mencapai 20.000 orang pada situasi kepadatan lalu lintas (lalin) kendaraan terpantau masih normal.

Pantauan Antara, pada pukul 16.00 WIB di seputaran sistem satu arah (SSA) mulai dari Tugu Kujang, ke Jalan Otista, Jalan Ir H. Juanda, Jalan Sempur, Jalan Pajajaran hingga titik Tugu Kujang Kembali yang merupakan jalan protokol mengelilingi tempat wisata Kebun Raya ramai lancar.
 
Situasi lalu lintas nampak seperti akhir pekan biasa. Kepadatan hanya terjadi seperti hari-hari biasanya di Jalan Otista karena ada penyempitan pada bagian jembatan di atas Kali Ciliwung yang juga melintas di belakang Kebun Raya Bogor.
 
Di sisi lain, kata AKP Galih, atas kebijakan Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro, telah dibentuk enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang tersebar di titik-titik rawan kemacetan.
 
"Fokusnya adalah jalur-jalur yang berpotensi kepadatan dan kemacetan lain," ujarnya.
 
Sebelumnya, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro menegaskan sebanyak 690 personel dari 800 personel kepolisian siap berjaga di enam pos pengamanan, Kecamatan Bogor Tengah di depan Danagun, Kecamatan Bogor Selatan di Simpang BNR, Bogor Utara di Simpang BORR, Kecamatan Tanah Sareal di Mall Yogya, Kecamatan Bogor Barat di Simpang Bubulak dan Kecamatan Bogor Timur di Simpang Ekalokasari dan satu pos pelayanan di Pos Polisi Baranangsiang.

Sisanya, 110 personil lain berkeliling untuk memastikan situasi lalu lintas dan keamanan di jalan raya.
 
Total keseluruhan pada libur Natal dan Tahun Baru 2022 aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP mencapai 1.400 personil yang berjaga dari tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2022.
 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021