PT Semen Padang telah melebihi ketaatan dan standar yang ditetapkan dalam baku mutu lingkungan
Padang (ANTARA) - PT Semen Padang berhasil meraih proper hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar Siti Aisyah di Padang, Rabu mengucapkan selamat atas keberhasilan PT Semen Padang meraih Proper Hijau dari Kemen LHK.

"Dalam pengelolaan lingkungan hidup, PT Semen Padang telah melebihi ketaatan dan standar yang ditetapkan dalam baku mutu lingkungan. Karena itu kami mengusulkan dan mendukungnya untuk mendapatkan Proper Hijau," katanya.

Ia mengungkapkan, ada beberapa hal yang diupayakan PT Semen Padang untuk mendapatkan anugerah Poper Hijau yaitu berkontribusi untuk membantu daerah menangani masalah limbah COVID-19 dengan memanfaatkan kiln PT Semen Padang untuk memusnahkan limbah COVID-19.

"Jadi wajar PT Semen diberi apresiasi dan mendapatkan PROPER Hijau dari Kemen LHK," kata dia.

Sementara Plt Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar bersyukur atas keberhasilan PT Semen Padang meraih Proper Hijau yang merupakan pengakuan terhadap pengelolaan lingkungan.

"Ini merupakan hasil kerja keras semua pihak di perusahaan, dan dukungan seluruh pemangku kepentingan PT Semen Padang sebelumnya meraih Proper Biru, dan tahun ini , meningkat menjadi Proper Hijau, ujarnya.

Asri juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar atas arahan dan bimbingan selama ini sehingga PT Semen Padang berhasil meraih Proper Hijau

Ia berharap penghargaan anugerah Proper Hijau tersebut dapat dipertahankan, dan bahkan bisa ditingkatkan lagi menjadi Proper Emas.

"Artinya, PT Semen Padang akan terus menerus memperbaiki kinerja pengelolaan lingkungan yang melebih dari yang dipersyaratkan undang-undang," kata Asri

Kepala Unit Health Safety Environment (HSE) PT Semen Padang Musytaqim Nasra menambahkan keberhasilan meraih Proper Hijau membuktikan perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan.

PT Semen Padang, kata Musytaqim, telah memiliki sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan (SML) berbasis ISO 14001.

Implementasi SML ini dilakukan dengan mengidentifikasi potensi dampak lingkungan dan menyusun program pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Sertifikat SML ini merupakan salah satu persyaratan awal bagi perusahaan untuk bisa menjadi kandidat PROPER Hijau

"Selain memiliki sertifikat SML, PT Semen Padang juga melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan Proper Hijau, diantaranya melakukan efisiensi energi, efisiensi air dan pengurangan beban pencemar air limbah," katanya.

Proper merupakan salah satu instrumen kebijakan pemerintah dalam kegiatan pengawasan, yang melihat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Aspek pengelolaan lingkungan yang terkait dengan Proper antara lain, pengawasan ketaatan terhadap peraturan, pengendalian kerusakan dan pelibatan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Setiap perusahaan yang mengikuti penilaian Proper akan memperoleh peringkat kinerja tertentu. Kinerja tertinggi meraih kategori warna emas, di bawahnya warna hijau, warna biru, warna merah dan warna hitam kategori paling rendah.
Baca juga: PT Pusri kembali meraih Proper Hijau
Baca juga: PLN raih delapan penghargaan Proper Emas dan 20 Proper Hijau
Baca juga: Pengembangan konservasi Bekantan antarkan AGM raih proper hijau

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021