Jakarta (ANTARA) - Hari aksi bersih-bersih se-dunia atau World Cleanup Day (WCD) Indonesia berhasil memilah dan mengolah 5.300 ton sampah, dengan melibatkan 1.292.853 relawan yang tersebar di 7.891 titik. 

Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Novrizal Tahar mengapresiasi para relawan yang terlibat serta seluruh mitra dan jajaran pemerintah yang mendukung gelaran WCD.

"Semoga semangatnya tidak hanya waktu WCD, tetapi terus dijaga secara berkelanjutan," kata Novrizal dalam rilis pers dikutip Kamis.

Kegiatan bersih-bersih tersebut digelar pada 12 hingga 24 September 2021. Selanjutnya, tim WCD Indonesia merampungkan jumlah data yang masuk dari berbagai jaringan
team, komunitas, dan pemerintah di seluruh Indonesia.

Baca juga: Pengamat lingkungan UI apresiasi World Cleanup Day

Sebanyak 5.375.805 kg atau sekitar 5.375 ton sampah berhasil dipilah dan diolah. Dari 5.371 ton sampah tersebut, sebanyak 403.474 kg adalah sampah plastik, 2.377 ton jenis sampah lainnya yang dapat didaur ulang, 1.024 ton sampah organik, dan 1.570 ton sampah residu.

Sebanyak 1.440 bank sampah dan 1.466 komunitas terlibat dalam kegiatan WCD. Dinas Lingkungan Hidup turut berperan dalam acara tersebut.

Sementara itu, sebanyak 2.961 sekolah dan pesantren, 107 universitas, dan 62 perusahaan juga terlibat aksi dan mendukung kegiatan WCD.

Leader World Cleanup Day Indonesia Agustina Iskandar Crombach mengatakan pada Januari 2022 Indonesia akan menjadi tuan rumah Let’s Do It World Conference.

"Kita akan host 191 negara secara online. Ini adalah bagian dari salah satu untuk melanjutkan semangat momentum World Cleanup Day ini," kata Agustina.

Dia berharap semangat yang ada saat ini dapat dijaga agar upaya mengurangi dan mengelola sampah bisa terus dilakukan secara berkelanjutan.

Kegiatan WCD Indonesia didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Selain itu, terdapat berbagai pihak lainnya yang juga mensponsori kegiatan tersebut, termasuk AXA Indonesia dan dr. Soap.

Baca juga: Sampah di Waterfront Pontianak dibersihkan sambut "World Cleanup Day"

Baca juga: Peringati "World Cleanup Day", Wawali Depok bersihkan tanaman gulma

Baca juga: Suksma Bali selenggarakan kegiatan "World Cleanup Day"

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021