Kami rasa target ini tidak muluk-muluk, karena BSB sudah 11 kali menjadi peserta Proliga dan selama itu sudah dua kali menjadi juara
Palembang (ANTARA) - Tim Voli Bank Sumsel Babel menargetkan gelar juara pada ajang Proliga tahun 2022 di GOR Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, pada 7-27 Maret mendatang.

Saat acara peluncuran tim dan logo proliga di Palembang, Kamis, Direktur Utama PT Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengatakan, timnya menargetkan hasil maksimal karena BSB pernah menjadi juara pada ajang Proliga sebanyak dua kali yakni tahun 2011 dan tahun 2013.

“Kami rasa target ini tidak muluk-muluk, karena BSB sudah 11 kali menjadi peserta Proliga dan selama itu sudah dua kali menjadi juara,” kata Syamsudin dalam acara perkenalan nama pemain BSB dan jajaran manajemen tim.

Menurutnya, peluang untuk menjadi juara sangat terbuka karena BSB memiliki kekuatan dari sisi spirit pantang menyerah. Ia merujuk pada performa sebelumnya, yang mana BSB sudah masuk final 4 pada ajang Proliga 2020, namun lantaran adanya pandemi COVID-19 membuat kompetisi tersebut tidak dilanjutkan.

Namun kali ini situasi dan kondisi berbeda, ajang Proliga digelar kembali dengan tentunya menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan tanpa penonton.

Baca juga: Proliga 2022 akan digelar dengan sistem semi-bubble

“Yang jelas, tahun ini kami ingin membangun tim yang memiliki semangat tinggi untuk menang dan pemainnya sangat militan serta tetap mengedepankan sportivitas,” kata Dirut BSB.

Kompetisi Proliga memiliki format meliputi Putaran Pertama, Putaran Kedua, Final Four Pertama, Final Four Kedua dan babak Grand Final.

Untuk menjajal kompetisi ketat itu, BSB telah merekrut sejumlah pemain berlabel atlet nasional. Selain itu, juga merekrut dua pemain asing asal Brazil.

Salah satunya pemain andalan yakni I Putu Randu Wahyu Pradana (middle blocker), yang merupakan penggawa Timnas Indonesia yang pernah memperkuat Jakarta BNI 46.

Selain itu, BSB juga merekrut teman sejawat Putu yakni, Eko Permana Putra.

Manajer Tim BSB Doddy Wahyudi mengatakan timnya sudah siap untuk mengikuti gelar Proliga ini karena sudah menjalani pemusatan latihan sejak Juni 2021.

Oleh karena itu, timnya tak gentar menghadapi ketatnya persaingan dalam kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air itu dengan mengandalkan perpaduan antara pemain senior dan junior.

Baca juga: 11 tim bola voli siap berlaga di Proliga 2022

“Ada pemain timnas, ada juga pemain berpengalaman di Proliga, dan kami juga diperkuat oleh dua pemain Brazil yang sudah berpengalaman mengikuti kompetisi diberbagai negara,” kata Dodi.

Ia menilai kali ini terdapat energi baru pada ajang Proliga lantaran tetap digelar di tengah pandemi COVID-19. Kondisi ini membuat semua tim terlecut untuk menampilkan performa terbaiknya.

Baginya, tak ada tim unggulan dan nonunggulan dalam kompetisi ini, karena semua tim berpeluang untuk menjadi juara termasuk tim debutan.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya yang turut hadir dalam acara peluncuran tim tersebut mengharapkan Tim Voli BSB ini bisa mengulang kembali prestasinya terbaiknya itu.

“Tim Bank Sumsel Babel ini sudah menjadi kebanggaan warga Sumsel, tentunya kami mendukung dan mendoakan semoga tahun ini bisa juara,” kata Mawardi.

Baca juga: Proliga kembali digelar awal Januari 2022
Baca juga: Menpora yakin kegiatan olahraga berangsur pulih pada 2022

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021