petugas akan berkeliling menggunakan pengeras suara untuk mengingatkan masyarakat agar tidak berkerumun
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 250 personel anggota Satpol PP Jakarta Pusat dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan, termasuk untuk mencegah kerumunan di 36 titik lokasi.

Kepala Seksi Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan Penindakan Satpol PP Jakarta Pusat Gatra Pratama Putra mengatakan pihaknya bersama jajaran tiga pilar akan melakukan pengawasan dan pengamanan malam Tahun Baru 2022 di lokasi rawan kerumunan, mulai dari taman, pasar, hingga stasiun Kereta Api (KA).

"Para petugas akan memantau protokol kesehatan di kawasan taman, tempat ibadah, stasiun KA, Pintu 2 kawasan Monas dan pasar. Hal ini untuk mencegah kerumunan orang," kata Gatra di Jakarta, Jumat.

Gatra menjelaskan ratusan personel yang dikerahkan akan menyebar di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Menteng 30 personel, Tanah Abang 76 personel, Johar Baru 20 personel, Cempaka Putih 20 personel, Sawah Besar 45 personel, Senen 45 personel, Kemayoran 30 personel, dan Kecamatan Gambir 39 personel.

Selain mengamankan tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan, Satpol PP bersama tiga pilar juga akan melakukan pengawasan dan penindakan terhadap restoran dan tempat hiburan yang beroperasi di atas pukul 22.00 WIB, sesuai ketentuan PPKM Level 1.

Sebelumnya, Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan mengatakan petugas akan berkeliling menggunakan pengeras suara untuk mengingatkan masyarakat agar tidak berkerumun.

Pihaknya pun sudah melakukan imbauan kepada pedagang kaki lima di kawasan Kemayoran untuk menutup usahanya pada pukul 16.00 WIB.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi memerintahkan pada jajaran petugas untuk melakukan penutupan jalan di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat sejak pukul 12.00 WIB.

"Kita tidak ingin terulang seperti tahun lalu. Karena wilayah Kemayoran itu sebagai tempat pelarian tempat berkumpulnya warga setelah Jalan Sudirman, Thamrin ditutup," kata dia.

#ingatpesanibu
#sudahvaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua
​​​​​​​
Baca juga: Tak ada penyekatan, DKI tetap lakukan pengawasan malam Tahun Baru
Baca juga: Warga DKI diingatkan soal Omicron sebelum rayakan Tahun Baru
Baca juga: Dishub terjunkan 2.500 personel saat malam tahun baru cegah kerumunan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021