Seluruh penumpang yang berangkat dipastikan memenuhi aturan dan dalam kondisi sehat
Jakarta (ANTARA) - Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan secara keseluruhan perjalanan kereta api selama periode Natal 2021 dan tahun baru 2022 berlangsung kondusif dan lancar.

“Seluruh penumpang yang berangkat dipastikan memenuhi aturan dan dalam kondisi sehat,” ujar dia ketika dihubungi Antara di Jakarta, Sabtu.

Sepanjang Nataru, lanjutnya, sekitar 7 ribu penumpang tak dapat memenuhi persyaratan perjalanan. Sebagian dari jumlah tersebut ada yang melakukan perubahan jadwal karena memerlukan waktu untuk melengkapi persyaratan.

Adapun rata-rata penumpang yang tak memenuhi persyaratan disebabkan belum melakukan vaksin sebanyak dua kali untuk usia di atas 17 tahun, dan PCR anak di bawah 12 tahun.

“Bagi penumpang yang batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan perjalanan di masa Nataru ini, biaya tiket dikembalikan 100 persen tunai di loket,” kata Eva.

Pada malam tahun baru, ia melaporkan bahwa jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen sekitar 7 ribu orang dan dari Stasiun Gambir sebanyak 5.600 orang.

Selain itu, per hari ini volume penumpang Daop 1 angkanya menurun hampir 70 persen dibandingkan pada masa normal sebelum COVID-19. Hal dipengaruhi imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk mengurangi perjalanan demi menghentikan laju penyebaran COVID-19, ditambah adanya kesadaran masyarakat yang baik.

“Mereka mengikuti semua aturan yang ditetapkan,” ujarnya.

Baca juga: Tiket KA di Daop 1 terjual 50 persen
Baca juga: KAI Daop 1: Ada lima area tes antigen yang sudah disiapkan
Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta berangkatkan 14 ribu penumpang pada H-1 Natal


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022