Kulit manggis terdapat daya antioksidan luar biasa yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk melalui makanan yang dikonsumsi dan menjadi penyebab utama penyakit jantung, stroke, kanker dan lainnya.
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Produk minuman jus kulit buah manggis yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh setelah sukses di pasar lokal kini berupaya memperluas jaringan distribusinya ke mancanegara dengan menyasar pasar Malaysia dan beberapa negara lainnya.

"Saya sedang berupaya mencari mitra di Malaysia sebagai distributor produk kami di negara ini," kata Direktur Utama Usahajaya Ficooprasional, Min Hui disela-sela pameran "The 2nd Muslim World Biz 2011 di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu.

Ia berharap dalam ajang pameran ini, pihaknya berhasil mendapatkan mitra yang mampu menjadi distributor produk kami di negeri ini. Bahkan tidak tertutup kemungkinan mendapatkan mitra untuk pasar luar negeri lainnya melalui para peserta mancanegara yang ikut dalam pameran ini.

Min Hui menjelaskan, "Saat ini produknya punya pasar yang baik di dalam negeri dan sebagian besar produksi jus ini didistribusikan ke daerah-daerah di tanah air."

"Tiap bulan kami telah memproduksi jus kulit manggis ini sebanyak 60.000 botol berukuran 350 ml. Sebagian besar di serap pasar lokal. Sedangkan sekitar 5000 botol adalah untuk pasar luar negeri seperti ke Australia, Timor Leste, Amerika Serikat, Kanada, Singapura (melalui Batam) maupun ke Malaysia," ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, "Potensi pasar luar negeri akan terus dikembangkan seperti ke Malaysia ini. Bahkan persiapannya sudah matang termasuk membuka perwakilan managemen di Kuala Lumpur serta mendapatkan izin dari balam Pemeriksaan Obat dan Makanan (POM) Malaysia termasuk izin untuk penjualan langsung (direct selling)."

Khusus untuk calon mitra dari Malaysia, kata Min Hui, pihaknya akan mengajak mereka datang langsung ke Indonesia guna melihat proses produksi di pabrik perusahaan ini di Jakarta.

"Bagi calon mitra hanya menyiapkan tiket Kuala Lumpur-Jakarta, PP dan setelah di Jakarta akan kami siapkan akomodasi dan penginapannya termasuk konsumsinya selama empat hari," ungkapnya dengan menjelaskan keikutsertaannya bersama puluhan pengusaha lain dipameran tersebut atas dukungan Kadin DKI Jakarta.

Sementara itu, buah manggis dikenal kaya vitamin B1, B2 dan C serta mengandung xanthone, mangostin, gartanin. Dalam kulit buah manggis itu terdapat kandungan xanthone yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit jantung, darah tinggi, stroke, obesitas dan lainnya.

Dari hasil penelitian, manggis dapat membantu menghancurkan semua penyakit di dalam tubuh serta juga dapat memperbaiki sistem antibodi di dalam tubuh.

"Kulit manggis terdapat daya antioksidan luar biasa yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk melalui makanan yang dikonsumsi dan menjadi penyebab utama penyakit jantung, stroke, kanker dan lainnya. Dari hasil penelitian menunjukkan pencegahan penyakit akibat radikal bebas yang paling bagus adalah dengan manggis," ungkap Min Hui.

Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, kandungan antioksidan pada manggis lebih tinggi. Zat antioksidannya bahkan melebihi vitamin E.

Selain itu, kulit manggis juga dapat mencegah penuaan dini karena zat antioksidannya dapat memperbaiki sel kulit yang telah rusak.

"Untuk itu, mengkonsumsi manggis terutama jus kulit manggis secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita," katanya.

(N004)

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011