Sorong (ANTARA) - Prajurit TNI Angkatan Laut jajaran Komando Armada III yang bermarkas di Sorong, Papua Barat membantu evakuasi ABK dan barang KM Tanimbar Bahari yang tenggelam dihantam gelombang di perairan Saumlaki, Maluku.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada III Letkol Laut (KH) R Doni Kundrat di Sorong, Kamis, mengatakan bahwa KM Tanimbar Bahari yang tenggelam karena cuaca buruk diselamatkan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki.

Dia mengatakan bahwa prajurit TNI AL jajaran Komando Armada III bersama masyarakat setempat menyelamatkan ABK dan barang KM Tanimbar Bahari yang terombang-ambing dan tenggelam di laut Saumlaki.

Baca juga: Kapal yang tenggelam di Maluku Utara jenis longboat

Menurut dia, KM Tanimbar Bahari merupakan kapal kargo dengan 15 ABK yang mengangkut material atau barang berupa sembako campuran dan satu unit kendaraan roda empat.

Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Kalimas Surabaya menuju Pelabuhan Reo dan Pelabuhan Saumlaki Kepulauan Tanimbar. Kapal tenggelam dihantam gelombang dan angin kencang, setelah berusaha sandar di Pelabuhan Saumlaki.

Setelah mendapatkan informasi, kata dia, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa segera memerintahkan prajuritnya melakukan pertolongan dengan mendatangi lokasi tenggelamnya kapal tersebut.

Baca juga: Kapal tenggelam di Maluku Utara 14 tewas

Baca juga: Kelalaian pengemudi "speedboat" akibatkan lima tewas


Semua ABK dapat diselamatkan dan dengan bantuan kapal nelayan yang kemudian diamankan ke Dermaga Umum Saumlaki. Sedangkan barang dan material yang hanyut berhasil diangkat dan diamankan Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki. Barang-barang diamankan di Gedung Serbaguna Mako Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki.

"Semua barang yang diselamatkan oleh Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki dari tenggelamnya KM Tanimbar Bahari langsung diserahkan kepada pemilik KM. Tanimbar Bahari di Gedung Serbaguna Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki Kecamatan Tanimbar Bahari, Kabupaten Kepulauan Tanimbar," ucapnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022