Jakarta (ANTARA) - Grup idola Korea Selatan BTS memuncaki tangga penjualan lagu digital di Amerika Serikat selama dua tahun berturut- turut.

Nampaknya para penggemar BTS di negeri Paman Sam tergila-gila dengan single “Butter” di mana 1,89 juta unduhan lagu itu terjual secara digital selama 2021.

Melansir Kantor Berita Yonhap, Jumat, prestasi itu dicatatkan oleh MRC Data dan Billboard yang dirilis dalam laporan akhir tahunnya.

Sebelumnya pada 2020, BTS juga merebut predikat penjualan lagu digital terbanyak berkat “Dynamite” dengan 1,26 juta unduhan.

Baca juga: V BTS cetak debut di Billboard lewat "Christmas Tree"

“Butter” menjadi lagu pop disko yang cocok untuk menemani aktivitas selama musim panas 2021 dirilis dalam Bahasa Inggris.

Lagu ini pun menjadi mudah dinyanyikan oleh banyak orang dan tidak heran lagu itu sempat bertahan selama 10 minggu berturut- turut di tangga lagu Billboard Hot 100.

Hal itu juga menjadikan “Butter” sebagai lagu bersejarah karena sepanjang kehadiran Billboard hanya ada 40 lagu yang bisa mencapai prestasi serupa.

Selain “Butter”, dua lagu BTS juga masuk dalam sepuluh besar lagu denganpenjualan digital terbanyak di 2021 yaitu “Permission to Dance” dengan 404 ribu unduhan, serta lagu “My Universe” hasil kolaborasi dengan band asal Britania Raya yaitu Coldplay yang mencapai 287.000 unduhan.

Sementara dari kategori album fisik terlaris, untuk 2021 BTS gagal merebut predikat tersebut.

Hanya di 2020 BTS menduduki puncak daftar album fisik terlaris dengan album penuh keempatnya "Map of the Soul: 7".

Baca juga: BTS batalkan rencana kembali ke Amerika

Baca juga: Album kompilasi Jepang BTS terjual satu juta kopi

Baca juga: Dishub Surabaya tunggu evaluasi Kemenhub soal operasional bus BTS


Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022