Jakarta (ANTARA) - Tiga gol Samsul Arif membawa Persebaya Surabaya mengalahkan Persikabo Bogor 3-2 dalam pertandingan Liga 1 pekan ke-18 di Stadion I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Senin.

Hattrick itu tercipta pada menit ke-19, 37 dan 46, sedangkan dua gol balasan Persikabo dicetak oleh Ciro Alvers pada menit ke-45 dan Aleksandar Rakic pada menit ke-53.

Kemenangan ini membuat Persebaya mengamankan peringkat keempat klasemen Liga 1 dengan 36 poin dari 18 pertandingan, sedangkan Persikabo masih menempati posisi ke-13 dengan 19 poin.

Persebaya mengambil inisiatif menyerang ketika pada menit ke-10 Samsul Arif membuat peluang yang digagalkan kiper Persikabo Diky Indriyana. Persikabo balik menekan untuk membuat dua peluang melalui Dimas Drajad dan Sergei Pushniakov.

Persebaya kemudian unggul berkat tendangan Samsul setelah menerima umpan silang dari Marselino Ferdinan sehingga skor berubah 1-0 pada menit ke-19.

Baca juga: Alfredo Vera yakin Ramiro Fergonzi tepat untuk Persipura

Samsul kembali mencatatkan namanya dalam papan skor setelah meneruskan bola muntah dari tendangan Bruno Moreira untuk dia lesakkan ke gawang Persikbo pada menit ke-37 guna mengubah skor 2-0.

Persikabo memperkecil 1-2 ketika aksi individual Ciro Alves diakhiri dengan menaklukkan kiper Persebaya Andhika Ramadhani pada menit ke-45.

Pada babak kedua, Persebaya menciptakan gol cepat pada menit ke-46 ketika bek Persikabo Veniamin Shumeiko melakukan salah umpan yang langsung disambar oleh Samsul yang diubahnya menjadi gol sehingga kedudukan menjadi 3-1.

Persikabo bereksi cepat dan kali ini melalui gol penyerang Aleksandar Rakic setelah menerima umpan dari Sergei Pushniakov pada menit ke-53. Kedudukan berubah lagi 2-3.

Setelah gol kedua mereka, Persikabo terus menekan Persebaya melalui Ciro dan Aleksandar namun kiper Andhika Ramadhani tampil baik menjaga gawangnya tidak lagi kebobolan.

Meski terus menekan hingga detik-detik terakhir dan waktu tambahan babak kedua, Persikabo tidak mampu menyamakan kedudukan sehingga Persebaya menjadi pemenang laga ini.

Baca juga: Alfredo Vera: Persipura tim kuat sama seperti Persija

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022