Capaian vaksinasi lansia di Musi Banyuasin baru 56 persen, mudah-mudahan dengan upaya ini bisa mempercepat
Palembang (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Selatan menyalurkan 2.000 dosis vaksin COVID-19 ke Kabupaten Musi Banyuasin yang diperuntukkan bagi warga lanjut usia (lansia).

Kepala BIN Daerah Sumsel Brigjen TNI Armansyah di Sekayu, Selasa, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk mempercepat vaksinasi bagi para warga lansia yang masuk dalam kelompok rentan terpapar COVID-19.

Kegiatan vaksinasi itu dilakukan di Kecamatan Sekayu, Babat Toman, Bayung Lencir dan Sungai Lilin untuk mengejar target hingga 60 persen dari total sasaran warga lansia di Musi Banyuasin.

Baca juga: Perusahaan perkebunan di Musi Banyuasin gelar vaksinasi gotong royong

Apabila target vaksinasi bagi lansia itu tercapai, BIN Sumsel akan melanjutkan pada kegiatan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

Hal itu penting untuk mendukung kebijakan pemerintah berupa pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) seratus persen bagi para pelajar, yang mana menetapkan syarat yakni realisasi vaksinasi
 bagi masyarakat umum sebesar 70 persen dan bagi lansia sebesar 60 persen dari total sasaran.

"Capaian vaksinasi lansia di Musi Banyuasin baru 56 persen, mudah-mudahan dengan upaya ini bisa mempercepat,” kata dia.

Baca juga: Kemenkumham Sumsel segera tuntaskan vaksinasi bagi 3.150 warga binaan

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Ferry Yanuar mengatakan pemprov meminta kabupaten/kota di Sumsel yang belum merealisasikan target 60 persen untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Kami menantikan upaya dari kabupaten/kota masing-masing agar bisa cepat tercapai target vaksinasi lansia,” kata dia.

Baca juga: Realisasi vaksinasi COVID-19 di Sumsel capai 70 persen

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Sumatera Selatan diketahui realisasi vaksinaai bagi lansia untuk dosis 1 mencapai 64,98 persen dari total 17 kabupaten/kota.

Adapun kabupaten/kota di Sumsel yang sudah merealisasikan 70 persen dari total sasaran per 11 Januari 2022 yakni Lahat (77,34 persen), Musi Rawas (76,56 persen), Ogan Komering Ulu Selatan (80,14 persen), Empat Lawang (104,16 persen), Musi Rawas Utara (95,11 persen).

Sedangkan capaian dosis kedua untuk lansia di 17 kabupaten/kota Sumsel baru mencapai 31,98 persen.

Baca juga: Tujuh kabupaten/kota di Sumsel lampaui target vaksinasi 70 persen

Baca juga: BIN Sumsel target sukseskan vaksinasi COVID-19 untuk 62.120 sasaran


 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022