Konsepnya latihan bersama komunitas, jadi tidak menyiapkan hadiah
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya siap menggelar latihan balap jalanan bersama komunitas "street race" di Ancol Jakarta Utara, Minggu (16/1).

"Konsepnya latihan bersama komunitas, jadi tidak menyiapkan hadiah," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Rabu.

Rencananya latihan bersama itu menggunakan format "drag race" dengan trek sepanjang 500 meter dan 300 meter untuk pengereman.

Sambodo mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah membentuk wadah bagi para pembalap jalanan untuk membalap dalam situasi terkontrol dengan peningkatan aspek keselamatan.

"Tujuan utamanya adalah kita berupaya agar event seperti ini bisa menghilangkan dan meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan. Kami akan mewadahi mereka di satu tempat dengan meningkatkan faktor keamanan," katanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sepakat untuk menyelenggarakan balap jalanan di Ancol dalam rangka memfasilitasi para pemilik hobi balap agar tidak terlibat balap liar.

"Kami sepakat Ancol menjadi salah satu pilihan atau akan dijadikan tempat untuk menampung anak muda dalam menyalurkan hobi balapnya dan akan dimulai per tanggal 15 Januari 2021," kata Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap, kegiatan ini bisa menjadi ajang para penggemar "street race" menyalurkan hobinya dan tidak terlibat dalam ajang balap ilegal yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini tingkat balapan yang mengganggu masyarakat tidak ada lagi karena sudah disiapkan jalurnya di Ancol," ujarnya

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, mengatakan, pihak Kepolisian akan turun tangan untuk mengawal aspek keselamatan dalam balapan tersebut.

"Nanti dari Ancol akan menyiapkan sirkuitnya, dan dari IMI akan menyiapkan pelatih, dengan mengutamakan aspek keamanan. Jadi, tidak lagi balapan hanya menggunakan sendal jepit, tapi sudah menggunakan sepatu, helm, dan jaket balap lengkap seperti di MotoGP, agar keselamatan ini menjadi yang utama," kata Fadil

Baca juga: Kapolda Metro ungkap jalur pendidikan bisa atasi balap liar
Baca juga: Dirlantas Polda Metro Jaya survei lokasi ajang balap jalanan di Ancol
Baca juga: Sahroni dukung Polda Metro gelar kompetisi "street race"

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022