Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng Grab Indonesia untuk memperkuat literasi digital di Indonesia Timur, khususnya untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

"“Literasi digital menjadi salah satu program utama Kementerian Komunikasi dan Informatika, di mana kami akan turut menyuarakan topik tersebut di berbagai forum besar, seperti Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022," kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam keterangan pers bersama Grab Indonesia, Kamis.

Kominfo dan platform layanan on-demand tersebut menandatangani nota kesepahaman, diwakili Sekretaris Jenderal Kominfo Mira Tayyiba dan Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata saat pertemuan secara virtual hari ini.

Baca juga: Kominfo gandeng Ruangguru untuk program literasi digital

Kerja sama terbaru ini akan berlaku untuk program-program kunci Kominfo, termasuk di antaranya Siberkreasi, BAKTI dan Focus Group Discussion dalam pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan literasi digital di kawasan Indonesia Timur.

Sebelumnya, Kominfo dan Grab pernah bekerja sama melalui Siberkreasi untuk memberi pelatihan digital kepada lebih dari 12.000 pengusaha kecil.

Kominfo menilai perusahaan teknologi merupakan mitra yang strategis untuk menerapkan program literasi digital, antara lain karena memiliki ekosistem teknologi dan bisa menjangkau pengusaha UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk kerja sama ini, Grab Indonesia akan memberikan akses ke beberapa fitur, layanan dan inisiatif yang ada di dalam ekosistem mereka untuk mendukung program literasi digital Kominfo.

Baca juga: Literasi digital masyarakat masih perlu ditingkatkan

Platform tersebut berencana menyelaraskan rencana mereka untuk meningkatkan keterampilan pengusaha UMKM dengan program kewirausahaan dan talenta digital dari Kominfo.

Mereka juga akan melatih pengusaha di bidang kuliner agar bisa menggunakan layanan pesan-antar makanan di platform tersebut.

Kerja sama ini juga diperluas untuk program beasiswa Digital Talent Scholarship, khususnya untuk Digital Enterpreneurship Academy.

Literasi digital menjadi salah satu fokus pembahasan pemerintah pada Presidensi G20 Indonesia tahun ini.

Baca juga: Kominfo perkuat SDM digital melalui desain yang adaptif dan visioner

Baca juga: Kominfo terus gencarkan literasi digital cegah hoaks di masyarakat

Baca juga: Festival Literasi Digital Kominfo diikuti ribuan peserta

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022