Program jaminan kesehatan untuk warga Kepulauan Meranti ini berlaku untuk rumah sakit yang berada di seluruh kabupaten dan kota di Riau, bahkan juga di luar Provinsi Riau
Kepulauan Meranti, Riau (ANTARA) - Warga Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, yang berada di Kota Dumai sudah bisa memanfaatkan fasilitas jaminan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai cukup dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP).

"Hal itu tertuang dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Pemkab Kepulauan Meranti dan Pemkot Dumai yang telah kita tandatangani," kata Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil di Selatpanjang, Kamis.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai drg Ridhonaldi dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Fahri.

Ia menjelaskan bahwa penandatanganan MoU tersebut merupakan salah satu dari program strategisnya menjadikan Kabupaten Meranti maju, cerdas, sehat, dan bermartabat.

"Warga Meranti itu sejak dalam kandungan sudah kita jamin. Setiap tahunnya kita anggarkan Rp24 miliar untuk jaminan kesehatan ini," katanya.

Lebih jauh, disebutkannya bahwa, program jaminan kesehatan untuk warga Kepulauan Meranti ini berlaku untuk rumah sakit yang berada di seluruh kabupaten dan kota di Riau, bahkan juga di luar Provinsi Riau.

"Kita tahu di Dumai ini banyak warga Kepulauan Meranti, terutama yang bekerja di bidang pelayaran. Makanya kita gesa MoU ini. Termasuk nanti di kabupaten kota lainnya yang belum kita kerja samakan," kata Muhammad Adil.

Sementara, Wali Kota Dumai Paisal menyambut baik dan mendukung penuh program strategis Pemkab Kepulauan Meranti dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warganya yang berada di Kota Dumai dan sekitarnya.

"Kita tahu bahwa RSUD Dumai merupakan rumah sakit rujukan regional. Dengan penandatanganan MoU ini, menjadi garansi bagi warga Meranti yang ingin berobat atau ada masalah kesehatan, wajib dilayani di RSUD Dumai hanya dengan menggunakan KTP Meranti," katanya.

Baca juga: Pejabat terpapar COVID-19, kantor BPKAD Kepulauan Meranti ditutup

Baca juga: Bupati Kepulauan Meranti pinjam dana ke pusat untuk pembangunan

Baca juga: Kepulauan Meranti siapkan Kampung Kakap Putih berproduksi 2.700 ton

Baca juga: Bupati Kepulauan Meranti temui Menaker bahas pengangguran


 

Pewarta: Rahmat Santoso
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022